Bagaimana Cara Mengatur Pola Makan Yang Baik Saat Sedang Program kehamilan

Jika Anda mencoboba melakukan program kehamilan,melakukan kebiasaan pola makan yang baik  dapat membuat Anda memiliki kehamilan yang sehat.

"Apa yang Anda makan mempengaruhi segala sesuatu dari darah Anda ke sel-sel Anda untuk hormon Anda," kata Cynthia Stadd, spesialis nutrisi di Berkley Centre for Reproductive Wellness di New York City.

Tetapi tidak peduli seberapa seimbang diet Anda, tetap penting untuk mengonsumsi vitamin prenatal untuk mengurangi risiko melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf. Kebanyakan ahli merekomendasikan bahwa semua wanita mulai mengonsumsi asam folat setidaknya sebulan sebelum mencoba untuk program kehamilan.
Baca terus untuk tips lebih lanjut tentang makanan sehat dan diet sehat saat program kehamilan.
 

Kurangi mengkonsumsi kafein


Ada beberapa bukti bahwa mengkonsumsi kafein yang sangat tinggi - lebih dari 500 miligram per hari, atau sekitar tiga hingga empat cangkir kopi mungkin mengganggu kesuburan. Tetapi para ahli umumnya setuju bahwa konsumsi kafein rendah hingga sedang (kurang dari 300 miligram sehari, atau sekitar dua cangkir kopi) seharusnya tidak membuat Anda lebih sulit untuk hamil.

Karena tidak ada yang tahu pasti bagaimana kafein berdampak pada kesuburan, beberapa ahli menyarankan untuk menurunkan asupan kafein Anda, terutama jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil atau jika Anda menjalani fertilisasi in-vitro.

Setelah Anda hamil, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 200 miligram kafein per hari (kurang dari secangkir kopi) karena jumlah yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran.


Makan banyak buah dan sayuran

Pilih multivitamin alami yang dapat didapatkan dari buah dan sayur saat melakukan program kehamilan. Buah dan sayuran memberikan berbagai vitamin dan mineral, dan mendapatkan cukup nutrisi tertentu sangat penting sebelum Anda hamil.

Misalnya, sayuran seperti bayam, selada romaine, asparagus, dan brokoli mengandung vitamin B folat tinggi. (Asam folat adalah bentuk sintetis.) Mengonsumsi makanan yang kaya folat selama prakonsepsi dan kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir tabung saraf, seperti spina bifida.

Menghasilkan yang tinggi vitamin C - seperti buah jeruk, stroberi, brokoli, dan tomat - dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi lebih mudah, dan zat besi merupakan mineral penting bagi wanita yang hamil dan Tingkatkan asupan zat besi Anda.

Secara umum, pilih buah-buahan dan sayuran dalam berbagai warna untuk mendapatkan bang yang paling bergizi untuk uang Anda.berbagai macam buah dan sayuran dapat memberi Anda lebih banyak variasi nutrisi yang anda butuhkan saat melakukan program kehamilan.


Konsumsi ikan

Makanan laut adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik, dan menurut beberapa ilmuwan, lemak esensial ini mungkin memiliki efek positif pada kesuburan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur ovulasi, meningkatkan kualitas telur, dan bahkan menunda penuaan indung telur.

Omega-3 juga penting untuk perkembangan otak dan mata bayi dan bisa memiliki banyak manfaat terkait kehamilan lainnya. Ini termasuk menurunkan risiko kelahiran prematur, mengurangi kemungkinan preeklamsia, dan mengurangi depresi.

Di sisi lain, Anda mungkin juga pernah mendengar bahwa beberapa jenis ikan mengandung kontaminan seperti merkuri. Dalam dosis tinggi, logam ini berbahaya bagi otak dan sistem saraf bayi yang sedang berkembang.

Kabar baiknya adalah tidak semua ikan mengandung banyak merkuri. Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA) mengatakan bahwa wanita yang mencoba hamil dapat dengan aman memakan hingga 12 ons (kira-kira dua atau tiga porsi) seminggu ikan seperti ikan tuna kaleng, salmon, udang, ikan cod, ikan nila, dan ikan lele.

Namun, FDA menyarankan membatasi tuna putih (albacore) dan benar-benar menghindari ikan tidak dalam kondisi segar atau beku.

Anda dapat mengambil suplemen minyak ikan jika Anda tidak menyukai makanan laut, tetapi pertama-tama bicarakan dengan dokter Anda tentang merek mana yang akan dibeli dan berapa banyak yang harus Anda ambil.

 
Tingkatkan asupan zat besi Anda

Isi cadangan zat besi tubuh Anda sebelum Anda memulai program kehamilan, terutama jika menstruasi Anda berat. Menurut Sam Thatcher, seorang ahli endokrinologi reproduksi dan penulis buku Making a Baby: Segala Sesuatu yang Perlu Anda Ketahui saat melakukan program kehamilan, "Perdarahan setiap bulan merupakan sumber penipisan zat besi yang konstan."

Pastikan untuk mendapatkan cukup zat besi sekarang - begitu Anda mengharapkan, sulit bagi tubuh Anda untuk mempertahankan tingkat besinya karena bayi Anda yang sedang berkembang menggunakan cadangan mineral Anda. (Wanita hamil membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi yang mereka butuhkan sebelum kehamilan.)

Terlalu sedikit zat besi pada saat pembuahan tidak hanya dapat mempengaruhi bayi Anda, tetapi juga dapat menempatkan Anda pada risiko anemia defisiensi zat besi selama kehamilan dan setelah Anda melahirkan (terutama jika Anda kehilangan banyak darah selama persalinan). Anemia menyebabkan sel darah merah Anda turun di bawah normal dan melemahkan energi Anda.

Jika Anda tidak makan banyak daging merah, atau jika Anda mengikuti diet vegetarian atau vegan, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung zat besi ekstra.Konsultasikan dengan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan untuk anemia pada pemeriksaan prakonsepsi Anda.


Konsumsi gandum utuh


Seorang wanita yang sedang melakukan program kehamilan harus makan makanan yang kaya nutrisi sebanyak mungkin, dan biji-bijian adalah tempat yang bagus untuk memulai, kata spesialis gizi Stadd.

Pedoman makanan Departemen Pertanian AS (USDA) menyarankan agar Anda mengkonsumsi biji-bijian utuh setidaknya satu kali sehari setiap hari(seperti sereal bekatul, oatmeal, beras merah, atau roti gandum utuh).
 Karena selain Karbohidrat olahan (seperti roti putih, pasta, dan nasi putih),tubuh Andajuga membutuhkan kebutuhan butiran nutrisi utama seperti serat, beberapa vitamin B, dan zat besi.

Catatan: Jika Anda memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab infertilitas yang paling umum pada wanita, berikan perhatian ekstra pada jenis karbohidrat yang Anda makan. PCOS adalah ketidakseimbangan hormon yang bisa memburuk ketika kadar insulin dalam aliran darah meningkat, dan karbohidrat olahan adalah penyebab utama lonjakan insulin.
Mark Leondires, spesialis kesuburan dan direktur medis dari Reproductive Medicine Associates of Connecticut, menjelaskan bahwa ketika wanita dengan PCOS makan terlalu banyak karbohidrat olahan, insulin mengalir ke dalam darah, memberi makan kembali ke ovarium, dan dapat menyebabkan ovulasi yang tidak teratur.


Hindari alkohol

Kadang-kadang bir atau segelas anggur mungkin tidak akan mempengaruhi Anda untuk mendapatkan peluang hamil, tetapi mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko keguguran Anda. Anda mungkin ingin melewatkan alkohol sepenuhnya ketika Anda mencoba untukprogram kehamilan karena sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan Anda hamil, dan alkohol dapat membahayakan bayi yang sedang berkembang.


Waspadai Bakteri listeria


Listeria adalah bakteri yang dapat mencemari makan siang, keju lunak, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Wanita hamil lebih rentan dibandingkan orang yang dalam keadaan tidak hamil karena makan makanan yang terkontaminasi dan terinfeksi oleh listeria (listeriosis) dapat menyebabkan keguguran di awal trimester pertama atau bahkan sebelum Anda tahu Anda hamil.

Untuk membunuh listeria, panaskan makanan yang berisiko tinggi mengandung bakteri Listeria dalam microwave sampai benar-benar matang. Untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada sisa makanan, atur suhu kulkas menjadi 40 derajat atau kurang. Aduk makanan yang sudah berada di suhu kamar selama lebih dari dua jam.

Hindari Mengkonsmsi ikan mentah dan sushi, makanan laut asap yang didinginkan (seperti lox), keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi (mentah), produk susu yang tidak dipasteurisasi, dan pate atau daging yang didinginkan. (Spread kalengan atau rak-stabil aman untuk dimakan.)


Protein


Protein adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi menurut USDA, banyak orang Amerika terlalu bergantung pada daging sapi, babi, dan ayam untuk mendapatkan jumlah harian mereka. Dalam sebuah penelitian terhadap 18.555 wanita, para ahli di Harvard Medical School menemukan bahwa mereka yang termasuk satu porsi harian protein nabati - seperti kacang, kacang, kacang polong, kedelai atau tahu - kurang mungkin mengalami infertilitas karena masalah ovulasi.tetapi cara yang bagus adalah dengan tetap menjaga berat badan yang sehat.


Diet yang dilakukan Pria

Berat badan ideal calon ayah juga sangat berpengaruh saat anda sedang memulai program kehamilan,karena pria juga mengalami masa subur,oleh karena itu pria tidak mendapatkan tiket gratis atau terbebas dari Diet. Lisa Mazzullo, seorang profesor ob-gyn dan asisten kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Feinberg di Chicago, merekomendasikan bahwa para ayah yang akan membutuhkan multivitamin harian yang mengandung seng dan selenium setidaknya tiga bulan sebelum pembuahan. Studi menunjukkan mineral ini membantu perkembangan sperma yang sehat.

Berhubungan badan dipagi hari antara pukul 04.00-07.00 pagi.Mengapa memulai sepagi ini? karena sperma pagi hari memiliki kualitas yang baik untuk membuahi sel Telur wanita.
lakukan hubungan suami istri setidaknya 2-3hari sekali untuk memperoleh kualitas sperma yang baik dan usahakan saat masa subur atau masa ovulasi wanita telah dimulai.
Bagaimana Cara Mengatur Pola Makan Yang Baik Saat Sedang Program kehamilan Bagaimana Cara Mengatur Pola Makan Yang Baik Saat Sedang Program kehamilan Reviewed by Dangdut Koplo on 10:17:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.