Macam Macam Istilah Medis Tentang Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui

loading...
loading...
beberapa dari anda mungkin tidak mengerti atau susah memahami akronim dan istilah medis yang Anda temui ketika Anda sedang mengunjungi dokter kehamilan untuk memulai program kehamilan.  anda mungkin hanya mendengarkan dan memperhatikan tanpa mengerti beberapa istilah yang sedang dibicarakan oleh dokter atau bidan anda saat anda sedang mengkonsultasikan seputar kehamilan.
Apakah Anda baru saja mulai suatu program kehamilan, mencari cara untuk meningkatkan peluang Anda, mengunjungi beberapa forum yang membahas seputar kehamilan, atau memikirkan tentang kesuburan, daftar kami akan membantu Anda memahami istilah yang pasti akan Anda dengar dan mungkin anda tidak pahami.

Macam Macam Istilah Medis Tentang Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui


Istilah medis A-F

Inseminasi buatan. Lebih dikenal sebagai inseminasi intrauterin, atau IUI. Perawatan kesuburan di mana sperma dimasukkan ke rahim melalui tabung panjang dan tipis pada saat ovulasi. Tingkat keberhasilan lebih rendah daripada IVF, tetapi IUI adalah perawatan yang lebih sederhana dan lebih murah.

Teknologi reproduksi yang dibantu (ART). Mengacu pada semua perawatan yang melibatkan penanganan sel telur atau embrio di luar tubuh, seperti fertilisasi in vitro (IVF) dan beberapa variasinya. Prosedur biasanya dipasangkan dengan obat kesuburan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan.

Suhu tubuh basal (BBT). Suhu tubuh terendah Anda dalam periode 24 jam, diperkirakan dengan mengambil suhu Anda dengan termometer BBT saat Anda pertama kali bangun di pagi hari. Beberapa wanita melakukan cek BBT mereka untuk memperkirakan kapan mereka berovulasi. Sehari setelah Anda berovulasi, perubahan hormon menyebabkan peningkatan halus pada BBT Anda, yang berlangsung hingga periode berikutnya.

Hilangnya ovum. Ketika sel telur dibuahi tertanam di rahim tetapi tidak pernah berkembang menjadi embrio. Mungkin ada periode yang tidak terjawab dan tes kehamilan positif,yang kadang diikuti oleh keguguran. Juga dikenal sebagai kehamilan anembryonic atau kegagalan kehamilan dini.

Bromokriptin. Obat yang mungkin diresepkan dokter Anda jika tubuh Anda memproduksi prolaktin terlalu banyak, yang dapat mengganggu ovulasi dan menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Lendir serviks (CM). Jenis keputihan memiliki tekstunr yang berbeda-beda dan dapat berubah-ubah, warna, dan jumlah selama siklus menstruasi Anda, karena kadar hormon berfluktuasi. Beberapa wanita melihat perubahan lendir serviks mereka untuk mengetahui kapan mereka subur.

Charting. Melacak BBT, lendir serviks, dan gejala lainnya dapat membantu Anda mengidentifikasi  siklus menstruasi Anda yang memungkinkan Anda memprediksi kapan kemungkinan besar Anda akan mengalami ovulasi.

Clomiphene. Obat kesuburan yang merangsang produksi telur pada wanita dan dapat meningkatkan jumlah atau kualitas sperma pada pria. Sering digunakan sebelum IUI atau ART. Juga dikenal dengan nama merek Clomid dan Serophene.

Kehamilan ektopik. Ketika sebuah sel telur dibuahi di luar rahim (hamil diluar kandungan). Ini bukan kehamilan yang layak dan dapat membahayakan, sehingga mengakhiri kehamilan adalah satu-satunya pilihan. Juga disebut kehamilan "tuba" karena sebagian besar kehamilan ektopik terjadi di tuba fallopi.

Telur beku. Sebuah cara untuk berpotensi memperpanjang kesuburan Anda dengan memanfaatkan sel telur Anda untuk digunakan saat Anda lebih tua. Ketika Anda siap untuk menggunakannya, telur Anda dicairkan dan dikombinasikan dengan sperma di laboratorium untuk membuat embrio, yang kemudian ditempatkan di rahim Anda (prosedur yang sama seperti IVF). Juga dikenal sebagai kriopreservasi oosit.

Endometriosis. Suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luarnya, kadang-kadang menyebabkan jaringan parut dan nyeri. Sekitar seperempat wanita dengan endometriosis mengalami kesulitan hamil.

Asam folat. Suplemen vitamin direkomendasikan untuk semua wanita usia subur. Mengambil 400 mikrogram asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum konsepsi sangat mengurangi risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

Follicle-stimulating hormone (FSH). Hormon yang disekresikan oleh kelenjar pituitari yang menstimulasi perkembangan folikel (struktur di ovarium yang mengandung telur) dan berperan dalam memicu ovulasi.

Fase folikular. Tahapan siklus menstruasi Anda yang dimulai dengan onset menstruasi Anda dan diakhiri dengan ovulasi. Selama tahap ini, ovarium Anda bersiap untuk melepaskan telur dan lapisan rahim Anda menumpuk untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Fase telah ditemukan berkisar antara sembilan hingga 21 hari pada wanita dengan siklus menstruasi 28 hari.

Istilah medis G-L

Transfer gamet intrafallopian (HADIAH). Perawatan kesuburan mirip dengan IVF, tetapi bukannya pembuahan yang terjadi di laboratorium, sperma dan telur ditempatkan ke tuba fallopi melalui sayatan kecil di perut. Jika pembuahan itu terjadi, terjadi di dalam tubuh Anda, dan embrio yang dihasilkan bergerak ke implan di rahim. GIFT jarang digunakan hari ini karena lebih invasif dan berisiko daripada IVF.

Skrining pembawa genetik. Tes yang dilakukan untuk melihat apakah Anda atau pasangan Anda membawa mutasi genetik yang dapat menyebabkan gangguan bawaan yang serius pada bayi Anda. Sebaiknya disaring sebelum Anda hamil sehingga, Anda dapat mempertimbangkan opsi (seperti IVF atau adopsi) untuk memaksimalkan peluang Anda memiliki bayi yang sehat.

Gestational surrogacy. Ketika wanita lain membawa dan melahirkan bayi untuk Anda dan pasangan anda. Telur dan sperma mungkin milik Anda dan pasangan Anda atau bisa berasal dari donor,yang diletakkan pada rahim wanita lain untuk berkembang.

Gonadotropin. Jenis obat kesuburan yang merangsang ovarium untuk menghasilkan telur (atau beberapa). Gonadotropin juga dapat membantu pria yang memiliki ketidakseimbangan hormon terkait dengan jumlah sperma yang rendah, atau kualitas sperma yang buruk. Ini sering digunakan sebelum IUI atau ART jika clomiphene tidak membantu.

Human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon yang diproduksi oleh plasenta yang berkembang setelah sel telur yang dibuahi di rahim Anda. Jika tes kehamilan di rumah dan hormon ini terdeteksi alat tes kehamilan dalam urin Anda, Anda akan mendapatkan hasil positif.

Hipogonadisme. Kekurangan hormon seks yang mencegah testis membuat sperma atau ovarium melepaskan telur. Sekitar 2 persen pria dengan infertilitas memiliki kondisi ini. Ini adalah satu-satunya kondisi kesuburan pada pria yang dapat diobati dengan obat-obatan.

Pemupukan in vitro (IVF). Perawatan kesuburan teknologi tinggi yang paling umum. Telur akan dipertemukan dengan sperma di laboratorium. Setelah pembuahan terjadi, embrio yang dihasilkan dinilai untuk kualitas, dan satu atau lebih ditempatkan di rahim melalui serviks. Sisanya mungkin dibekukan untuk digunakan nanti atau disumbangkan.

Infertilitas. Anda akan didiagnosis mengalami infertilitas jika usia reproduksi Anda dan Anda belum bisa hamil setelah mencoba selama setahun. Menjadi tidak subur tidak berarti Anda tidak akan pernah hamil; ini label medis. Banyak pasangan yang dijuluki infertil tetap memiliki anak, seringkali dengan bantuan perawatan kesuburan.

Injeksi sperma intrasitoplasma (ICSI). Teknik yang digunakan dalam IVF di mana pembuahan dicapai dengan menyuntikkan satu sperma langsung ke dalam sel telur. Pendekatan ini dapat membantu jika Anda menghadapi masalah dengan kualitas atau kuantitas sperma, di antara hal-hal lainnya.

Inseminasi intrauterus (IUI). Perawatan kesuburan di mana sperma dimasukkan ke rahim melalui tabung panjang dan tipis pada saat ovulasi. Tingkat keberhasilan lebih rendah daripada IVF, tetapi IUI adalah perawatan yang lebih sederhana dan lebih murah. (Juga dikenal sebagai inseminasi buatan.)

Periode tidak teratur. Siklus menstruasi yang bervariasi lebih dari beberapa hari panjangnya dari bulan ke bulan. Dalam beberapa kasus, periode yang tidak teratur dapat menandakan masalah yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Periode menstruasi terakhir (LMP). Tanggal hari pertama dari periode terakhir Anda. Ini adalah sesuatu yang ingin diketahui oleh penyedia perawatan kesehatan Anda pada pemeriksaan pertama Anda, karena membantu memberikan perkiraan awal tanggal jatuh tempo Anda dan seberapa jauh Anda dalam kehamilan Anda.

Fase luteal. Tahapan siklus menstruasi Anda antara ovulasi dan awal periode berikutnya. Ini biasanya berlangsung sekitar dua minggu, tetapi bahkan di antara wanita dengan siklus 28-hari, itu bervariasi dan telah ditemukan berkisar antara tujuh hingga 19 hari. Selama fase ini, kadar estrogen dan progesteron yang lebih tinggi mempersiapkan lapisan rahim Anda untuk kemungkinan kehamilan. Fase luteal yang pendek telah dikaitkan dengan masalah kesuburan.

Hormon Luteinizing (LH). Hormon reproduksi yang memuncak tepat sebelum Anda mengalami ovulasi (juga disebut lonjakan LH). Hormon ini adalah tes kit prediksi ovulasi berdasarkan urin.


Istilah medis M-Z

Keguguran. Kehilangan kehamilan dalam 20 minggu pertama. Sekitar 10 hingga 20 persen dari kehamilan yang diketahui berakhir dengan keguguran, dan lebih dari 80 persen dari kehilangan ini terjadi sebelum 12 minggu. Istilah medis untuk keguguran adalah "aborsi spontan."

Mittelschmerz. Beberapa wanita melaporkan merasakan suatu sensasi di indung telur mereka di sekitar waktu ovulasi. Ini bisa terasa seperti nyeri, kram, atau sakit ringan dan dapat berlangsung selama beberapa menit atau beberapa hari. Namun kebanyakan wanita tidak mengalami gejala fisik apa pun ketika mereka berovulasi.

Kehamilan mola. Kehamilan abnormal di mana telur yang dibuahi berkembang menjadi pertumbuhan yang disebut tahi lalat (bukan menjadi embrio normal) dan implan di rahim. Ini biasanya memicu perdarahan vagina berat pada trimester pertama. Jika Anda didiagnosis dengan kehamilan mola, Anda akan memerlukan operasi rawat jalan untuk mengangkat jaringan abnormal.

Sindrom hiperstimulasi ovarium (OHSS). OHSS terjadi ketika obat kesuburan terlalu merangsang ovarium dan menghasilkan terlalu banyak telur. Kondisi ini biasanya ringan tetapi, dalam kasus yang jarang, bisa cukup berat untuk memerlukan rawat inap. Gejala umum termasuk kenaikan berat badan dan perut kembung atau nyeri ringan.

Ovulasi. Waktu dalam siklus menstruasi Anda ketika telur (atau, kadang-kadang, lebih dari satu telur) dilepaskan dari ovarium. Anda paling subur dari dua hari sebelum Anda berovulasi melalui hari ovulasi.

Ovulation predictor kit (OPK). Kit yang dapat membantu Anda mengidentifikasi hari-hari paling subur Anda selama siklus Anda. Perlengkapan berbasis urin menguji kencing Anda untuk peningkatan hormon luteinizing, yang terjadi 24 hingga 36 jam sebelum ovulasi. Peralatan ferning saliva melihat perubahan peningkatan produksi pada air liur Anda yang disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi hormon-ketidakseimbangan yang mencegah Anda berovulasi secara teratur dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Gejala umum lainnya termasuk bertambahnya berat badan dan pertumbuhan rambut ekstra. PCOS adalah penyebab infertilitas yang paling umum pada wanita.

Pemeriksaan prakonsepsi. Riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik dilakukan beberapa bulan hingga satu tahun sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil. Ini membantu Anda menentukan langkah-langkah apa yang mungkin perlu Anda ambil untuk siap melahirkan, dan ini memberi info dasar membantu kesehatan penyedia kesehatan Anda tentang kesehatan Anda.

Diagnosis genetik preimplantasi (PGD). Prosedur yang digunakan untuk mengidentifikasi cacat genetik tertentu pada embrio sebelum ditransfer ke uterus melalui IVF. Contohnya termasuk gen untuk fibrosis kistik dan anemia sel sabit.

Skrining genetik preimplantasi (PGS). Prosedur yang digunakan untuk mengidentifikasi jumlah kromosom dalam embrio sebelum ditransfer ke uterus melalui IVF. Hanya embrio dengan jumlah kromosom yang normal yang akan ditransfer, karena mereka memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk tertanam dan berkembang menjadi bayi yang sehat.

Menyelesaikan. Organisasi nonprofit nasional yang menawarkan pendidikan, advokasi, dan dukungan untuk orang-orang yang menghadapi ketidaksuburan dan keguguran.

Alergi sperma. Reaksi kekebalan yang langka terhadap sperma yang dapat menyebabkan gatal, rasa terbakar, pembengkakan, dan gejala alergi lainnya dalam beberapa menit hingga satu jam setelah kontak dengan air mani. Alergi sperma tidak mempengaruhi kesuburan, tetapi gejalanya dapat membuat seks tidak nyaman atau bahkan berbahaya. Untuk wanita dengan gejala berat, inseminasi buatan atau IVF mungkin merupakan pilihan.

Pengasuh tradisional. Ketika wanita lain, menggunakan telurnya sendiri, hamil dan melahirkan bayi untuk Anda. (Ini berbeda dari skenario yang lebih umum dari ibu pengganti kehamilan, di mana seorang wanita membawa bayi yang tidak terkait secara genetis dengannya.)

Fibroid rahim. Tumor yang tumbuh dari jaringan otot di rahim.Ini bukan kanker tetapi kadang-kadang dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit dan perdarahan dan mereka dapat mengganggu kemampuan untuk hamil. Juga dikenal sebagai leiomioma atau mioma rahim.

Transfer intrafallopian Zygote (ZIFT). Perawatan kesuburan mirip dengan GIFT, tetapi sel telur dibuahi dengan sperma di laboratorium terlebih dahulu, sebelum ditempatkan di tuba fallopi melalui sayatan kecil di perut. Satu atau lebih telur yang dibuahi, yang disebut zigot, harus melakukan perjalanan dan tertanam di rahim Anda. ZIFT dan GIFT adalah perawatan kesuburan yang paling invasif.

Singkatan umum di forum

Jika Anda bergabung atau mengintai di grup online apa pun - seperti grup Getting Pregnant di Komunitas BabyCenter - Anda akan melihat posting yang dibumbui dengan akronim. ini mungkin awalnya lebih tampak seperi bahasa asing, tetapi Anda akan dapat memahaminya secara perlahan. Beberapa singkatan untuk istilah medis yang tercantum di atas, dan yang lainnya adalah singkatan untuk TTC yang berguna. Anda dapat menemukan daftar akronim TTC yang lebih panjang dan artinya dalam grup Getting Pregnant.

2WW atau TWW = Dua minggu menunggu (waktu antara ovulasi dan ketika Anda mengetahui apakah Anda hamil)

AF = Bibi Flo (periode Anda)

AO = Anovulasi (tidak ada ovulasi)

Debu bayi = Seperti "debu peri" ... cara untuk mengucapkan semoga seseorang beruntung hamil (mis., "Baby dust to you!")

BBT = Suhu tubuh basal

BC = Kontrol kelahiran

BD = Baby dance (yaitu, berhubungan seks) atau baby dust (semoga sukses)

BFN = Besar lemak negatif (hasil negatif pada tes kehamilan)

BFP = Big fat positive (hasil positif pada tes kehamilan)

CBD = Clearblue Digital (tes kehamilan)

CD = Siklus hari (saat siklus hari 1 adalah hari pertama dari periode Anda)

CM = Lendir serviks

DTD = Lakukan akta (berhubungan seks)

DPO = Hari setelah ovulasi ( hari nol)

EDD = Perkiraan tanggal jatuh tempo

EWCM = Lendir serviks putih (lendir yang Anda miliki di sekitar waktu ovulasi - licin, jernih, dan elastis seperti putih telur mentah)

FMU = Urin pagi pertama (kencing yang digunakan untuk tes kehamilan pertama setelah bangun memiliki konsentrasi hormon hCG kehamilan yang lebih tinggi dan lebih mungkin memberi Anda hasil positif)

FRER = First Response Early Result (tes kehamilan merek)

FX = Fingers disilangkan

HEDD = Harapan perkiraan tanggal melahirkan

HPT = Tes kehamilan di rumah

IB = Implantasi pendarahan (sedikit perdarahan atau bercak yang mungkin terjadi di sekitar waktu implan embrio di rahim Anda)

IC = Internet murah (tes kehamilan murah)

KMFX = Menjaga agar jari-jariku disilangkan

LMP = Periode menstruasi terakhir

LO = baby (yaitu bayi atau anak)

LP = Fase luteal

MC = Keguguran

NTNP = Tidak mencoba, bukan mencegah

O = Ovulasi (O'd = Ovulated)

OPK = Ovulation predictor kit

PG = Hamil

POAS = melakukan tes kehamilan dengan urin (yaitu, lakukan tes kehamilan di rumah)

Pelangi bayi = Bayi yang lahir setelah keguguran

RE = Endokrinologis reproduksi (dokter yang berspesialisasi dalam membantu pasangan dengan infertilitas)

SA = Analisis semen (penilaian kuantitas, kualitas, dan motilitas sperma)

SD = Donatur sperma

SHOW = Lembut, tinggi, terbuka, dan basah (bagaimana servix terasa ketika Anda mendekati ovulasi)

SMEP = Sperma bertemu sel telur

TI = Jangka waktu hubungan seksual (yaitu berhubungan seks saat masa subur Anda)

TTC = Mencoba untuk hamil/ Program kehamilan
loading...
Macam Macam Istilah Medis Tentang Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui Macam Macam Istilah Medis Tentang Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui Reviewed by Lagu Dangdut Enak on 8:43:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.