Bagaimana Cara Mengetahui Kapan Wanita Berovulasi? - Infokanlah.com

Kapan saya berovulasi?
Tidak ada metode yang sangat mudah untuk memprediksi kapan Anda akan berovulasi, atau melepaskan telur dari salah satu indung telur Anda. Tapi di sini ada beberapa cara Anda dapat memperkirakan kapan hal itu kemungkinan besar terjadi, sehingga Anda dapat mencoba untuk mengatur waktu seks atau inseminasi intrauterin (IUI) sesuai dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil. (Jika telur itu dibuahi oleh sperma dan implan di rahim Anda, Anda hamil!). Semua itu ada waktunya yang di atur di luar kehendak kita, kita hanya berusaha terus agar bisa mendapatkan apa yang di inginkan.

Bagaimana Cara Mengetahui Kapan Wanita Berovulasi?

1. Coba metode kalender


Jika siklus Anda teratur - jumlah hari yang sama setiap kali - Anda dapat mencoba metode kalender (juga dikenal sebagai Metode Hari Standar).

Untuk memperkirakan kapan Anda akan berovulasi, hitung kembali 14 hari dari saat Anda mengharapkan periode berikutnya. Jendela subur Anda termasuk hari Anda berovulasi dan lima hari sebelumnya. Jadi, misalnya, jika hari pertama adalah hari pertama dari periode Anda dan hari ke-28 adalah hari sebelum Anda mengharapkan periode berikutnya, Anda akan subur pada hari ke 10 hingga 15. (Tapi Anda jauh lebih mungkin untuk hamil selama tiga hari terakhir dari jendela ini.)

Metode ini adalah cara termudah untuk memperkirakan jendela subur Anda, tetapi itu tidak terlalu akurat, bahkan jika Anda memiliki gagasan yang bagus tentang kapan periode berikutnya akan dimulai. Itu karena ovulasi jarang terjadi tepat 14 hari sebelum menstruasi.

Dalam satu studi besar wanita dengan siklus 28 hari, hari ovulasi bervariasi dari tujuh hingga 19 hari sebelum menstruasi. Ovulasi terjadi 14 hari sebelum periode hanya 10 persen dari waktu.

Jadi Anda dapat melihat bagaimana mungkin melewatkan jendela subur Anda dengan menggunakan metode ini. Di sisi lain, itu mudah dan gratis dan patut dicoba, terutama jika Anda tidak terburu-buru untuk hamil.

Anda dapat menggunakan BabyCenter's Ovulation Calculator untuk mengetahui hari-hari mana Anda kemungkinan akan subur sesuai dengan metode kalender dan tanggal jatuh tempo Anda jika Anda hamil.


2. Gunakan alat prediksi ovulasi


Menguji kadar hormon Anda dengan kit prediksi ovulasi (OPK) adalah cara yang lebih dapat diandalkan untuk mengidentifikasi jendela subur Anda, meskipun itu tidak bekerja dengan sempurna untuk semua wanita.

Ada dua jenis kit: Jenis yang paling umum menguji urin Anda, dan yang lain menguji air liur Anda. Keduanya menunjukkan hasil yang positif pada hari-hari sebelum Anda berovulasi, memberi Anda waktu untuk merencanakan masa depan untuk melakukan hubungan seksual.

Tes pee-on-a-stick menunjukkan ketika level luteinizing hormone (LH) Anda naik, yang biasanya berarti salah satu ovarium Anda akan segera melepaskan telur. Dengan tes air liur, Anda menggunakan mikroskop untuk menemukan pola dalam air liur kering Anda yang menunjukkan peningkatan estrogen yang terjadi pada hari-hari sebelum ovulasi.

 
3. Bagilah siklus Anda

Anda juga dapat melacak perubahan halus dalam suhu tubuh basal Anda (BBT), lendir serviks, dan kekencangan serviks selama beberapa siklus untuk mencoba menentukan kapan Anda mengalami ovulasi.

Jika Anda memperhatikan petunjuk ini dan mencatatnya di bagan atau aplikasi, Anda mungkin melihat pola yang dapat membantu Anda memprediksi kapan kemungkinan besar Anda akan mengalami ovulasi berikutnya. (Jika menstruasi Anda tidak teratur, Anda mungkin tidak memperhatikan pola.)

BBT Anda adalah suhu tubuh terendah dalam 24 jam. Anda menggunakan termometer khusus untuk mengukurnya setiap hari, tepat ketika Anda bangun. Setelah ovulasi, BBT Anda akan naik 0,5 hingga 1,0 derajat Fahrenheit dan tetap seperti itu sampai Anda mendapatkan menstruasi Anda.

Waspadai gejala ovulasi lainnya

Beberapa wanita melaporkan gejala tertentu selama ovulasi, seperti bercak atau kram. Meskipun ini bukan cara yang tepat untuk menentukan kapan Anda sedang berovulasi, mungkin ada gunanya untuk menyadari gejala-gejala ini (jika Anda memilikinya) saat menggunakan metode kalender, OPK, atau diagram.

Pelajari lebih lanjut tentang tanda dan gejala ovulasi.
Bagaimana Cara Mengetahui Kapan Wanita Berovulasi? - Infokanlah.com Bagaimana Cara Mengetahui Kapan Wanita Berovulasi? - Infokanlah.com Reviewed by Dangdut Koplo on 8:29:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.