Biodata Biography Profile Thelonious Monk Terbaru and Complete

loading...
Biography
Thelonious Sphere Monk(/ θəloʊniəs /, 10 Oktober 1917  - 17 Februari 1982) adalah seorang pianis jazz Amerika dan komposer. Dia memiliki gaya improvisasi yang unik dan memberikan banyak kontribusi pada repertoar jazz standar, termasuk "Round Midnight", "Blue Monk," "Straight, No Chaser," "Ruby, My Dear," "In Walked Bud," dan " Yah, Anda Tidak Perlu. " Biksu adalah komposer jazz paling lama yang tercatat setelah Duke Ellington, yang sangat luar biasa saat Ellington mengumpulkan lebih dari seribu keping, sementara Monk menulis sekitar 70.

Komposisi dan improvisasinya menonjolkan disonansi dan tikungan melodi yang melengkung dan konsisten dengan pendekatannya yang tidak lazim terhadap piano, yang menggabungkan serangan yang sangat perkusif dengan penggunaan pelepasan, kebisuan, dan keragu-raguan kunci yang tiba-tiba dan dramatis.

Biksu terkenal dengan gaya khasnya dalam setelan jas, topi, dan kacamata hitam. Dia juga terkenal karena kebiasaan istimewa yang terlihat pada saat pertunjukan berlangsung: Sementara musisi lain di band ini terus bermain, dia akan berhenti, berdiri dari keyboard, dan menari beberapa saat sebelum kembali ke piano.

Biksu adalah satu dari lima musisi jazz yang pernah tampil di sampul majalah Time, setelah Louis Armstrong, Dave Brubeck, dan Duke Ellington dan sebelum Wynton Marsalis.

Biodata


Nama Asli        :   Thelonious Sphere Monk


Nama Populer     :  Thelonious Sphere Monk

Agama            :


Tempat Lahir     :  Rocky Mount, North Carolina, A.S.


Tanggal Lahir    :  10 Oktober 1917
 
Meninggal : 17 Februari 1982 
 
Profesi          :  Musisi Jazz


Usaha Sampingan  :


Orang Tua        :  


Tahun Berkarier  : 1940-1973


Label            : Blue Note, Prestige, Riverside, Columbia


Facebook         :


Akun Twitter     :


Akun Instagram   :


No Hp            :


profile 

  
Thelonious Sphere Monk adalah seorang musisi jazz,yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya. Thelonious Sphere Monk lahir dua tahun setelah saudara perempuannya Marion pada tanggal 10 Oktober 1917, di Rocky Mount, North Carolina, dan merupakan putra Thelonious dan Barbara Monk. Akta kelahirannya yang ditulis dengan buruk salah eja dengan nama depannya sebagai "Thelious"  atau "Thelius." Ini juga tidak mencantumkan nama tengahnya, diambil dari kakek dari pihak ibu, Sphere Batts. 

Seorang saudara laki-laki, Thomas, lahir pada bulan Januari 1920. Pada tahun 1922, keluarga tersebut pindah ke 243 West 63 Street, di Manhattan, New York City; lingkungan tersebut dikenal sebagai San Juan Hill karena banyak veteran Afrika-Amerika dari Perang Spanyol-Amerika yang tinggal di sana (pembaharuan kota mengungsikan penduduk lama masyarakat tersebut, yang melihat lingkungan kesayangan mereka digantikan oleh Proyek Perumahan Amsterdam dan Pusat Seni Pertunjukan Lincoln). Biksu mulai bermain piano pada usia enam tahun dan sebagian besar otodidak. Ia bersekolah di Stuyvesant High School, sebuah sekolah umum untuk siswa berbakat, namun tidak lulus
Di awal masa remajanya, Monk melakukan tur dengan seorang penginjil, bermain di organ gereja, dan di akhir belasan tahun dia mulai menemukan pekerjaan bermain jazz. Pada awal hingga pertengahan 1940-an, dia adalah pianis rumah di Minton's Playhouse, sebuah klub malam di Manhattan. Sebagian besar gaya Monk dikembangkan pada waktunya di Minton's, saat dia berpartisipasi dalam acara pemotongan jam setelah jamuan, yang menampilkan banyak solois jazz terkemuka saat itu. Pekerjaan musikal Monk di Minton sangat penting dalam perumusan bebop, yang akan dilanjutkan oleh seniman lain, termasuk Dizzy Gillespie, Charlie Christian, Kenny Clarke, Charlie Parker, dan kemudian Miles Davis.
Biksu ini diyakini menjadi pianis yang tampil di rekaman Jerry Newman yang dibuat sekitar tahun 1941 di klub. Gaya biksu saat ini kemudian digambarkan sebagai "berayun keras," dengan penambahan berjalan dengan gaya Art Tatum. Pengaruh lain dari Monk termasuk Duke Ellington, James P. Johnson, dan pianis langkah awal lainnya. Dalam film dokumenter Thelonious Monk: Straight, No Chaser, dinyatakan bahwa Monk tinggal di lingkungan yang sama di New York City seperti Johnson dan mengenalnya sebagai remaja.

Mary Lou Williams, yang membimbing Biksu dan orang-orang sezamannya, berbicara tentang penemuan kaya Monk pada periode ini, dan bagaimana penemuan semacam itu penting bagi para pemusik, karena pada saat itu umum bagi sesama pemusik untuk memasukkan gagasan musik yang didengar ke dalam karya mereka sendiri tanpa memberi karena kredit "Jadi, bumerang itu berhasil mengeluarkan musik yang sulit dicuri, saya akan mengatakan ini untuk 'lintah,' meskipun: mereka mencoba, saya telah melihat mereka di Minton dengan sibuk menulis di baju bajunya atau menulis di atas taplak meja. Dan bahkan orang-orang kita sendiri, saya khawatir, tidak memberi Monk kredit yang telah dia dapatkan. Mengapa, mereka bahkan mencuri gagasan tentang gelas baret dan bop.

Berikut daftar Lagu yang di nyanyikan oleh Thelonious Monk ;
Epistrophy
'Round Midnight
Blue Monk

Demikianlah biodata  Thelonious Sphere Monk yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada Thelonious Sphere Monk, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.
loading...
Biodata Biography Profile Thelonious Monk Terbaru and Complete Biodata Biography Profile Thelonious Monk Terbaru and Complete Reviewed by Dokter Herbal alami on 1:23:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.