Biodata Biography Profile Boris Yeltsin Terbaru and Complete

loading...
loading...
Biography

Boris Nikolayevich Yeltsin (Rusia: Борис Николаевич Ельцин; IPA: [bɐrʲis nʲɪkɐlaɪvʲɪtɕ jelʲtsɨn] (Tentang suara ini dengarkan); (1 Februari 1931 - 23 April 2007) adalah seorang politisi Soviet dan Rusia dan Presiden Federasi Rusia yang pertama, melayani dari 1991 sampai 1999. Awalnya adalah pendukung Mikhail Gorbachev, Yeltsin muncul di bawah reformasi perestroika sebagai salah satu lawan politik Gorbachev yang paling kuat. Pada akhir 1980an, Yeltsin telah menjadi anggota Politbiro, dan pada akhir tahun 1987 mengajukan surat pengunduran diri di Tidak ada yang mengundurkan diri dari Politbiro sebelumnya. Tindakan ini mencap Yeltsin sebagai pemberontak dan menyebabkan popularitasnya meningkat sebagai tokoh anti-pembentukan.

Pada tanggal 29 Mei 1990 dia terpilih sebagai ketua Soviet Tertinggi Rusia. Pada tanggal 12 Juni 1991 dia terpilih dengan suara terbanyak ke jabatan presiden Federasi Rusia Federasi Sosialis Soviet (RSFSR) yang baru dibuat, yang saat itu merupakan salah satu dari 15 republik konstitusional Uni Soviet. Setelah pengunduran diri Mikhail Gorbachev dan pembubaran terakhir Uni Soviet pada tanggal 25 Desember 1991, RSFSR menjadi negara berdaulat dari Federasi Rusia, dan Yeltsin tetap menjabat sebagai presiden. Dia terpilih kembali dalam pemilihan 1996, di mana para kritikus mengklaim korupsi yang meluas secara luas; di babak kedua dia mengalahkan Gennady Zyuganov dari Partai Komunis yang baru bangkit dengan selisih 13,7%. Namun, Yeltsin tidak pernah menemukan popularitas awalnya setelah serangkaian krisis ekonomi dan politik di Rusia pada 1990-an.

Dia bersumpah untuk mengubah ekonomi sosialis Rusia menjadi ekonomi pasar kapitalis dan menerapkan terapi kejutan ekonomi, liberalisasi harga, dan privatisasi nasional. Karena pergeseran ekonomi secara tiba-tiba, sebagian besar kekayaan dan kekayaan nasional jatuh ke tangan sejumlah kecil oligarki.  Mayoritas jutawan dan miliarder oligarki menyamakan diri mereka dengan raja perampok abad ke-19. Alih-alih menciptakan perusahaan baru, demokratisasi Yeltsin menyebabkan monopoli internasional yang membajak pasar bekas Soviet, melakukan arbitrase mengenai perbedaan besar antara harga domestik lama untuk komoditas Rusia dan harga yang berlaku di pasar dunia.

Biodata


Nama Asli        :  Boris Nikolayevich Yeltsin


Nama Populer     :   Boris Yeltsin


Agama            :


Tempat Lahir     :  Butka, Oblast Ural, SFSR Rusia, Uni Soviet


Tanggal Lahir    : 1 Februari 1931

Meninggal : 23 April 2007 
 
Profesi          :  Presiden Federasi Rusia


Usaha Sampingan  :


Orang Tua        : 


Tahun Berkarier  : 1961-1990


Label            :


Facebook         :


Akun Twitter     :


Akun Instagram   :


No Hp            :


profile


Boris Yeltsin adalah seorang Presiden Federasi Rusia,yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya,Boris Yeltsin lahir di desa Butka, Kabupaten Talitsky, Sverdlovsk, Uni Soviet, pada tanggal 1 Februari 1931.  Pada tahun 1932 setelah negara mengambil seluruh panen dari petani Butka yang baru-baru ini terkoleksi, keluarga Yeltsin pindah sejauh mungkin ke Kazan, lebih dari 1.100 kilometer dari Butka, tempat ayah Boris, Nikolai, menemukan pekerjaan dalam sebuah konstruksi situs Tumbuh di pedesaan Sverdlovsk, ia belajar di Ural State Technical University (sekarang Ural Politeknik Institute), dan memulai karirnya di industri konstruksi. Pada tahun 1934 Nikolai Yeltsin dihukum karena agitasi anti-Soviet dan dijatuhi hukuman kerja paksa dalam gulag selama tiga tahun.

Setelah dibebaskan pada tahun 1936 setelah menjalani dua tahun, Nikolai membawa keluarganya tinggal di Berezniki di Perm Krai, di mana saudaranya Ivan, seorang pandai besi, telah diasingkan pada tahun sebelumnya karena gagal memberikan kuota biji-bijiannya.  Nikolai tetap menganggur untuk jangka waktu tertentu dan kemudian bekerja lagi dalam konstruksi. Ibunya, Klavdiya Vasilyevna Yeltsina, bekerja sebagai penjahit. Boris belajar di Pushkin High School di Berezniki. Dia menyukai olahraga (khususnya ski, senam, bola voli, lintasan dan lapangan, tinju dan gulat) meski kehilangan jempol dan telunjuk tangan kirinya saat dia dan beberapa temannya dengan sembunyi memasuki gudang pasokan Tentara Merah, mencuri beberapa granat, dan mencoba membongkar mereka.

Pada tahun 1949 ia diterima di Institut Politeknik Ural di Sverdlovsk, jurusan konstruksi, dan ia lulus pada tahun 1955. Subjek makalah gelarnya adalah "Pembangunan Poros Tambang". Dari tahun 1955 sampai 1957 ia bekerja sebagai mandor dengan kepercayaan bangunan Uraltyazhtrubstroy. Dari tahun 1957 sampai 1963 ia bekerja di Sverdlovsk, dan dipromosikan dari pengawas lokasi konstruksi ke kepala Direktorat Konstruksi dengan Trust Yuzhgorstroy. Pada tahun 1963 ia menjadi chief engineer, dan pada tahun 1965 kepala Sverdlovsk House-Building Combine, bertanggung jawab atas saluran air limbah dan pipa ledeng teknis.
Dia bergabung dengan jajaran nomenklatura CPSU pada tahun 1968 saat dia ditunjuk sebagai kepala konstruksi dengan Komite Partai Daerah Sverdlovsk. Pada tahun 1975 ia menjadi sekretaris komite regional yang bertanggung jawab atas pengembangan industri di kawasan ini. Pada tahun 1976 Politbiro CPSU mempromosikannya ke jabatan sekretaris pertama Komite CPSU Oblast Sverdlovsk (efektif dia menjadi kepala salah satu kawasan industri terpenting di Uni Soviet); Dia tetap dalam posisi ini sampai 1985.
Demikianlah biodata  Boris Yeltsin yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Boris Yeltsin, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.
loading...
Biodata Biography Profile Boris Yeltsin Terbaru and Complete Biodata Biography Profile Boris Yeltsin Terbaru and Complete Reviewed by Lagu Dangdut Enak on 5:38:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.