Friday, January 29, 2016

Cara Membuat Resep Gudeg Yang Enak Dan Mudah

Cara membuat resep gudeg yang enak dan mudah, siapa yang tidak kenal dengan makanan gudeg ,masakan yang berasal dari kota Yogyakarta Jawa Tengah, gudeg adalah masakan yang terbuat dari nangka muda (dalam bahasa jawa namanya tewel) yang di beri kuah santan kental,untuk membuat warna kemerah merahan daam merebus nangka muda di beri daun jati sehingga warnanya bisa menarik. nama gudeg  ini awalnya berasal dari cerita dahulu orang indoneia menikah dengan orang perancis dan istrinya bingung mau masak apa, akhirnya istrinya memasak nagka muda di kasih santan masakan warisan dari keluarganya,akhirnya suaminya yang orang perancis itu pulang dari kerja dan memakan lahap masakan istrinya, setelah makan suaminya berkata ''good dek'', namun dalam lidah indonesia mengatakannya sebagai gudeg, berikut ini bahan yang di perlukan untuk membuat gudheg :

Bahan - bahan :
- setengah buah nagka muda (bhs jawa tewel )
- setengah ekor ayam muda
- 5 butir telur

Bumbu - bumbu :
- 4 butir kemiri
- 2 buah bawang merah
- 2 buah bawang putih
- 2 jari lengkua
- 1 sendok ketumbar
- 5 lembar daun salam
- gula merah, garam dan bumbu penyedap secukupnya

Cara Membuatnya :
- Tewel di iris kecil kecil ,di cuci dan di tiriskan,ayam di cuci dan di potong potong.
- Semua bumbu - bumbu di tumbuk halus kecuali daun salam dan gula merah .Ambillah belanga atau kuali dan alasilah dengan daun jati muda, masukkan potongan potongan tewel dengan cara mengaturnya, lalu masukkan daging ayam ,kemudian tewel lagi , lalu telur dan bumbu.
- Kemudian tuangi dengan santan sampai jenuh atau secukupnya, rebuslah dengan api kecil, jangan di aduk aduk , biarkan sampai masak hingga tak berair atau airnya tinggal sedikit. setelah itu tinggal di hidangkan.

Demikian cara membuat resep gudeg yang enak dan mudah, bagi ibu ibu rumah tangga seamat mencoba resep ini karena gudheg adalah masakan yang lezat.

No comments:

Post a Comment