Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Sitting Bull Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Sitting Bull Terbaru and Complete

Biography
Sitting Bull (Lakota: Tȟatȟáŋka Íyotake [tˣatˣəka i.jɔtakɛ] di Orkestra Standard Lakota, juga dijuluki Húŋkešni [hʊkɛʃni] atau "Slow";1831 - 15 Desember 1890) adalah seorang pria suci Hunkpapa Lakota yang memimpin rakyatnya selama bertahun-tahun bertahan terhadap kebijakan pemerintah Amerika Serikat. Dia dibunuh oleh polisi agen India di Reservation India Standing Rock dalam usaha untuk menangkapnya, pada saat otoritas khawatir bahwa dia akan bergabung dalam gerakan Hantu.

Sebelum Pertempuran Bighorn Kecil, Sitting Bull memiliki sebuah penglihatan di mana dia melihat banyak tentara, "setebal belukar," jatuh terbalik ke perkemahan Lakota, yang oleh orang-orangnya dianggap sebagai pertanda kemenangan besar di mana sebuah jumlah tentara akan terbunuh. Sekitar tiga minggu kemudian, suku-suku Lakota yang berkonfederasi dengan Cheyenne Utara mengalahkan Kavaleri ke-7 di bawah pimpinan Kolonel George Armstrong Custer pada tanggal 25 Juni 1876, menghancurkan batalion Custer dan tampaknya mewujudkan visi kenabian dari Sitting Bull. Kepemimpinan duduk mengilhami rakyatnya meraih kemenangan besar. Beberapa bulan setelah kemenangan mereka dalam pertempuran, Sitting Bull dan kelompoknya meninggalkan Amerika Serikat untuk Wood Mountain, Wilayah Utara-Barat (sekarang Saskatchewan), di mana dia tinggal sampai tahun 1881, pada saat dia dan sebagian besar bandnya kembali ke wilayah AS dan menyerah kepada pasukan AS. Sisa kecil bandnya di bawah Waŋblí Ǧi memutuskan untuk tinggal di Wood Mountain.

Biodata

Nama Asli        :  Húŋkešni

Nama Populer     :  Sitting Bull

Agama            :

Tempat Lahir     :  Grand River, Wilayah Dakota

Tanggal Lahir    :  1831


Meninggal : tanggal 15 Desember 1890

Profesi          :  ketua Pribumi Amerika kelompok Hunkpapa Sioux

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        :

Tahun Berkarier  :

Label            :

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile


Sitting Bull adalah ketua Pribumi Amerika kelompok Hunkpapa Sioux yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya.Sitting Bull lahir di darat kemudian dimasukkan ke dalam Wilayah Dakota.Pada tahun 2007, cucu buyut Sitting Bull menegaskan dari tradisi lisan keluarga bahwa Sitting Bull lahir di sepanjang Sungai Yellowstone, selatan Miles City, Montana saat ini.  Dia bernama Jumping Badger saat lahir, dan dijuluki Hunkesi, atau "Slow," mengatakan untuk menggambarkan sifatnya yang hati-hati dan tidak tergesa-gesa.  Ketika anak laki-laki berusia empat belas tahun, dia menemani sekelompok pejuang Lakota (termasuk ayah dan pamannya Four Horns) di sebuah pesta perebutan untuk mengambil kuda dari sebuah kamp pejuang Crow.

Jumping Badger menunjukkan keberanian dengan mengendarai maju dan menghitung kudeta di salah satu Crow yang terkejut, yang disaksikan oleh Lakota yang lain. Setelah kembali ke perkemahan, ayahnya memberikan sebuah perayaan perayaan dimana dia memberikan namanya sendiri kepada anaknya. Nama, Tȟatȟáŋka Íyotake, yang dalam bahasa Lakota berarti "Buffalo Bull Who Sits Down", yang kemudian disingkat menjadi "Sitting Bull". Setelah itu, ayah Sitting Bull dikenal sebagai Jumping Bull. Pada upacara ini di hadapan seluruh band, ayah Sitting Bull mempersembahkan anaknya dengan bulu elang untuk dikenakan di rambutnya, kuda pejuang, dan perisai kerbau yang mengeras untuk menandai jalannya anak laki-laki menuju kedewasaan sebagai pejuang Lakota.

Selama Perang Dakota tahun 1862, di mana orang-orang Sitting Bull tidak terlibat, beberapa band orang Dakota timur membunuh sekitar 300 sampai 800 pemukim dan tentara di Minnesota bagian selatan-tengah sebagai tanggapan atas perlakuan buruk oleh pemerintah dan dalam sebuah usaha mengusir orang kulit putih. Meskipun terlibat dalam Perang Saudara Amerika, Angkatan Darat Amerika Serikat melakukan pembalasan pada tahun 1863 dan 1864, bahkan melawan band-band yang tidak terlibat dalam permusuhan tersebut.  Pada tahun 1864, dua brigade sekitar 2.200 tentara di bawah Brigadir Jenderal Alfred Sully menyerang sebuah desa. Pembela dipimpin oleh Sitting Bull, Gall dan Inkpaduta. Lakota dan Dakota diusir, namun pertempuran berlanjut hingga Agustus. [Rujukan?]

Pada bulan September, Sitting Bull dan sekitar seratus Hunkpapa Lakota bertemu dengan sebuah partai kecil di dekat apa yang sekarang Marmarth, Dakota Utara. Mereka ditinggalkan oleh sebuah gerobak kereta yang diperintahkan oleh Kapten James L. Fisk untuk memberi beberapa perbaikan pada gerobak yang terbalik. Ketika dia memimpin sebuah serangan, Sitting Bull ditembak di pinggang kiri oleh seorang tentara.  Peluru keluar dari punggungnya, dan lukanya tidak serius.

Demikianlah biodata  Sitting Bull yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Sitting Bull , Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top