Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Orson Welles Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Orson Welles Terbaru and Complete

Biography
 George Orson Welles (/ wɛlz /; 6 Mei 1915 - 10 Oktober 1985) adalah seorang aktor, sutradara, penulis, dan produser Amerika yang bekerja di bidang teater, radio, dan film. Dia dikenang karena karya inovatifnya di ketiganya: di bidang teater, terutama Caesar (1937), adaptasi Broadway dari Julius Caesar karya William Shakespeare; di radio, siaran legendaris 1938 "Perang Dunia"; dan dalam film, Citizen Kane (1941), secara konsisten digolongkan sebagai salah satu film terbesar yang pernah dibuat.

Pada usia 20-an, Welles mengarahkan sejumlah produksi panggung profil tinggi untuk Proyek Teater Federal, termasuk adaptasi Macbeth dengan pemeran Amerika yang sepenuhnya Afrika, dan musik politik The Cradle Will Rock. Pada tahun 1937 dia dan John Houseman mendirikan Mercury Theatre, sebuah perusahaan teater perbendaharaan independen yang mempresentasikan serangkaian produksi di Broadway sampai tahun 1941. Welles menemukan ketenaran nasional dan internasional sebagai sutradara dan narator adaptasi radio 1938 dari novel HG Wells, The War dari Worlds tampil untuk serial antologi radio The Mercury Theatre on the Air. Ini dilaporkan menyebabkan kepanikan yang meluas ketika pendengar berpikir bahwa invasi makhluk luar angkasa sebenarnya terjadi. Meskipun beberapa sumber kontemporer mengklaim laporan panik ini sebagian besar salah dan terlalu dibesar-besarkan,  mereka meroket Welles menjadi terkenal.

Film pertamanya adalah Citizen Kane (1941), yang dia tulis bersama, diproduksi, disutradarai, dan dibintangi sebagai Charles Foster Kane. Welles adalah orang luar ke sistem studio dan hanya menyutradarai 13 film full-length dalam karirnya. Dia berjuang untuk kontrol kreatif atas proyeknya sejak awal dengan studio film besar dan kemudian hidup dengan beragam pemodal independen, dan filmnya diedit dengan baik atau belum pernah dirilis. Gaya arahannya yang khas menampilkan bentuk naratif berlapis dan nonlinier, penggunaan pencahayaan seperti chiaroscuro, sudut kamera yang tidak biasa, teknik suara yang dipinjam dari radio, tembakan fokus yang dalam, dan pemakaian yang lama. Dia telah dipuji sebagai "the ultimate auteur"
Google Terjemahan untuk Bisnis:Perangkat PenerjemahPenerjemah Situs Web

Biodata

Nama Asli        :  George Orson Welles


Nama Populer     :   Orson Welles


Agama            :


Tempat Lahir     :  Kenosha, Wisconsin, A.S.

Meninggal  : tanggal 10 Oktober 1985
 
Tanggal Lahir    :  6 Mei 1915


Profesi          :  Produser penulis sutradara


Usaha Sampingan  :


Orang Tua        :


Tahun Berkarier  :  1931-1985


Label            : 


Facebook         :


Akun Twitter     :



Akun Instagram   :


No Hp            :



profile


Orson Welles adalah seorang sutradara,yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya. Setelah kematian ayahnya, Welles pergi ke Eropa menggunakan sebagian kecil warisannya. Welles mengatakan bahwa saat melakukan perjalanan dan melukis melalui Irlandia, dia melangkah ke Teater Gerbang di Dublin dan mengklaim bahwa dia adalah bintang Broadway. Manajer Gate, Hilton Edwards, kemudian mengatakan bahwa dia tidak mempercayainya namun terkesan dengan sikapnya yang kurang ajar dan audisi yang dia berikan.: 134 Welles melakukan debut panggungnya di Gate Theatre pada tanggal 13 Oktober 1931, muncul di Adaptasi Ashley Dukes terhadap Suss Yahudi sebagai Duke Karl Alexander dari Württemberg. Dia melakukan peran pendukung kecil dalam produksi Gerbang berikutnya, dan dia memproduksi dan merancang produksinya sendiri di Dublin. Pada bulan Maret 1932 Welles tampil di W. Somerset Maugham's The Circle di Dublin's Abbey Theatre dan pergi ke London untuk mencari pekerjaan tambahan di teater. Karena tidak dapat memperoleh izin kerja, dia kembali ke A.S.: 327-330

Welles menemukan ketenarannya singkat dan beralih ke proyek penulisan di Todd School yang akan menjadi sangat sukses, yang pertama berjudul Everybody's Shakespeare dan selanjutnya, The Mercury Shakespeare. Welles pergi ke Afrika Utara sambil mengerjakan ribuan ilustrasi untuk seri buku edukasi Shakespeare Everybody's Shakespeare, sebuah rangkaian yang tetap dicetak selama beberapa dekade.

Pada tahun 1933, Roger dan Hortense Hill mengundang Welles ke sebuah pesta di Chicago, di mana Welles bertemu dengan Thornton Wilder. Wilder mengatur agar Welles bertemu dengan Alexander Woollcott di New York, agar dia diperkenalkan kepada Katharine Cornell, yang sedang merakit sebuah perusahaan teater perbendaharaan. Suami Cornell, sutradara Guthrie McClintic, segera menempatkan Welles di bawah kontrak dan melemparkannya dalam tiga drama. 46-49 Romeo dan Juliet, Barretts dari Wimpole Street dan Candida melakukan tur di perbendaharaan selama 36 minggu mulai bulan November 1933, dengan pertama dari lebih 200 pertunjukan yang berlangsung di Buffalo, New York.

Berikut daftar  film yang di sutradarai oleh  Orson Welles ;
Citizen Kane
Touch Of Evil
The Lady From Shanghai

Demikianlah biodata  Orson Welles  yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Orson Welles, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top