Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Harriet Tubman Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Harriet Tubman Terbaru and Complete

Biography

Harriet Tubman (lahir Araminta Ross, 1822 [1] - 10 Maret 1913) adalah seorang abolisionis Amerika, kemanusiaan, dan pengintai dan mata-mata untuk Angkatan Darat Amerika Serikat selama Perang Saudara Amerika. Lahir dari perbudakan, Tubman melarikan diri dan kemudian membuat sekitar tiga belas misi untuk menyelamatkan sekitar tujuh puluh orang, keluarga dan teman yang diperbudak,menggunakan jaringan aktivis antislavery dan rumah-rumah aman yang dikenal sebagai Kereta Api Bawah Tanah. Dia kemudian membantu ahli abolisionis John Brown merekrut orang-orang untuk menggerebek Ferry Harpers, dan pada era pasca perang merupakan peserta aktif dalam perjuangan untuk hak pilih perempuan.

Lahir seorang budak di Dorchester County, Maryland, Tubman dipukuli dan dicambuk oleh berbagai tuannya saat kecil. Di awal kehidupan, dia menderita luka kepala yang traumatis saat seorang pemilik budak yang marah melemparkan berat logam berat yang berniat memukul budak lain dan memukulnya. Cedera tersebut menyebabkan pusing, nyeri, dan mantra hypersomnia, yang terjadi sepanjang hidupnya. Dia adalah seorang Kristen yang taat dan mengalami penglihatan aneh dan mimpi yang nyata, yang dianggapnya berasal dari firdaus dari Tuhan.

Pada tahun 1849, Tubman melarikan diri ke Philadelphia, lalu langsung kembali ke Maryland untuk menyelamatkan keluarganya. Perlahan, satu kelompok pada satu waktu, dia membawa kerabatnya keluar dari negara bagian, dan akhirnya membimbing puluhan budak lainnya untuk kebebasan. Bepergian di malam hari dan dalam kerahasiaan yang ekstrem, Tubman (atau "Moses", seperti namanya) tidak pernah kehilangan penumpang. Setelah Undang-Undang Budak Fugitive 1850 dilewati, dia membantu membimbing pelarian ke utara ke Amerika Utara Inggris, dan membantu budak yang baru dibebaskan mencari pekerjaan.

Biodata

Nama Asli        : Araminta Ross

Nama Populer     :  Harriet Tubman

Agama            :

Tempat Lahir     :  Dorchester County, Maryland, Amerika Serikat

Tanggal Lahir    :  1822
 
Meninggal  : 10 Maret 1913

Profesi          :  seorang pendukung abolisi, kemanusiaan, dan mata-mata selama Perang Saudara Amerika Serikat.

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        : Harriet Greene Ros,  Ben Ross

Tahun Berkarier  :

Label            :

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile


Harriet Tubman adalah seorang mata mata perang amerika serikat,yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai  akhir hayatnya,Tubman lahir Araminta "Minty" Ross untuk budak orang tua, Harriet ("Rit") Hijau dan Ben Ross. Rit dimiliki oleh Mary Pattison Brodess (dan kemudian anaknya Edward). Ben dipegang oleh Anthony Thompson, yang menjadi suami kedua Maria, dan yang mengelola perkebunan besar di dekat Sungai Blackwater di Madison, Maryland. Seperti banyak budak di Amerika Serikat, tidak ada tahun atau tempat kelahiran Araminta yang tepat, dan sejarawan berbeda dengan perkiraan terbaik. Kate Larson mencatat tahun 1822, berdasarkan pembayaran bidan dan beberapa dokumen sejarah lainnya, termasuk iklan pelariannya,  sementara Jean Humez mengatakan "bukti terbaik saat ini menunjukkan bahwa Tubman lahir pada tahun 1820, tapi mungkin ini adalah dua atau dua tahun kemudian. "

Catherine Clinton mencatat bahwa Tubman melaporkan tahun kelahirannya pada tahun 1825, sementara sertifikat kematiannya mencantumkan 1815 dan nisannya berisi daftar 1820. Dalam catatan pensiun janda Perang Saudara, Tubman mengklaim bahwa dia lahir pada tahun 1820, 1822, dan 1825, sebuah indikasi, mungkin, bahwa dia hanya memiliki gagasan umum tentang kapan dia dilahirkan.Kesopanan, nenek ibu Tubman, tiba di Amerika Serikat dengan kapal budak dari Afrika; tidak ada informasi yang tersedia tentang nenek moyangnya yang lain.  Sebagai seorang anak, Tubman diberitahu bahwa dia adalah keturunan Ashanti (dari apa yang sekarang Ghana), meskipun tidak ada bukti untuk mengkonfirmasi atau menolak pernyataan ini.Ibu Rit (yang mungkin memiliki ayah kulit putih) adalah seorang juru masak untuk keluarga Brodess.  Ben ayahnya adalah seorang tukang kayu terampil yang mengelola pekerjaan kayu di perkebunan Thompson. Mereka menikah sekitar tahun 1808 dan, menurut catatan pengadilan, mereka memiliki sembilan anak bersama: Linah, Mariah Ritty, Soph, Robert, Minty (Harriet), Ben, Rachel, Henry, dan Moses.

Rit berjuang untuk menjaga keluarganya tetap hidup karena perbudakan mengancam untuk merobeknya. Edward Brodess menjual tiga anak perempuannya (Linah, Mariah Ritty, dan Soph), memisahkan mereka dari keluarga selamanya. Ketika seorang pedagang dari Georgia mendekati Brodess untuk membeli putra termuda Rit, Moses, dia menyembunyikannya selama sebulan, dibantu oleh budak-budak lain dan orang kulit hitam bebas di masyarakat.Pada satu titik dia menghadapi pemiliknya tentang penjualan tersebut. Akhirnya, Brodess dan "orang Georgia" datang ke tempat budak untuk menangkap anak itu, di mana Rit memberi tahu mereka, "Anda mengejar anak saya, tapi orang pertama yang masuk ke rumah saya, saya akan membuka kepalanya terbuka." Brodess mundur dan meninggalkan penjualan.Penulis biografi Tubman setuju bahwa cerita yang menceritakan tentang peristiwa ini dalam keluarga mempengaruhi keyakinannya akan kemungkinan penolakan

Demikianlah biodata Harriet Tubman yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada Harriet Tubman, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top