Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile celia cruz Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile celia cruz Terbaru and Complete

Biography
Úrsula Hilaria Celia de la Caridad Cruz Alfonso, juga dikenal dengan nama panggungnya Celia Cruz (Havana, Cuba, 21 Oktober 1925 - Fort Lee, AS, 16 Juli 2003), adalah penyanyi musik Latin dari Kuba. Dia dikenal dengan suara yang kuat dan gaya musik irama-sentrisnya. Dia adalah artis Latin paling populer di abad ke-20, mendapatkan dua puluh tiga album emas selama karirnya. Presiden AS Bill Clinton memberinya Medali Seni Nasional pada tahun 1994. Dia terkenal secara internasional sebagai "Ratu Salsa", "La Guarachera de Cuba", serta Ratu Musik Latin.

Dia menghabiskan sebagian besar karirnya di Amerika Serikat dan beberapa negara Amerika Latin. Leila Cobo dari Majalah Billboard pernah mengatakan "Cruz tak terbantahkan sebagai tokoh wanita paling terkenal dan paling berpengaruh dalam sejarah musik Kuba dan Latin". Dia adalah duta besar untuk keragaman dan vitalitas musik Havana pribadinya, dan setelah revolusi Kuba dia menjadi simbol kebebasan artistik bagi orang-orang buangan Kuba Amerika. Dia meninggal karena kanker otak.

Úrsula Hilaria Celia de la Caridad Cruz Alfonso lahir pada tanggal 21 Oktober 1925 di lingkungan Santos yang beraneka macam, Santos Suárez di Havana, Kuba, anak kedua dari empat bersaudara. Ayahnya, Simon Cruz, adalah seorang penerang kereta api dan ibunya, Catalina Alfonso adalah seorang ibu rumah tangga yang merawat keluarga besar. Celia adalah salah satu anak tertua di antara empat belas anak-anak laki-laki, saudara laki-laki, saudara perempuan, dan banyak sepupu - dia sering harus meletakkan yang lebih muda ke tempat tidur dengan menyanyikannya untuk mereka tidur. .

Sementara tumbuh di iklim musik Kuba yang beragam tahun 1930-an, Cruz mendengarkan banyak musisi yang mempengaruhi karir dewasanya, termasuk Fernando Collazo, Abelardo Barroso, Pablo Quevedo dan Arsenio Rodríguez. Terlepas dari oposisi ayahnya dan fakta bahwa dia beragama Katolik, saat masih kecil, Cruz belajar lagu-lagu santería dari tetangganya yang mempraktikkan santería. Cruz kemudian mempelajari kata-kata untuk lagu-lagu Yoruba bersama koleganya Mercedita Valdés (seorang penyanyi santri Akpwon) dari Kuba dan membuat berbagai rekaman genre religius ini, bahkan menyanyikan lagu-lagu untuk aksara wanita lainnya seperti Candita Batista.

Biodata

Nama Asli        :  Úrsula Hilaria Celia de la Caridad Cruz Alfonso

Nama Populer     :  celia cruz

Agama            :

Tempat Lahir     :  Havana, Kuba

Tanggal Lahir    : 21 Oktober 1925
 
Meninggal : 16 Juli 2003
Profesi          : Penyanyi, aktris

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        :

Tahun Berkarier  : 1947-2003

Label            :  Fania Records, RMM Records & Video, Diskotik Sony

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile
celia cruz  adalah penyanyi  yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya,Sebagai seorang remaja, bibinya membawanya dan sepupunya untuk kabaret untuk bernyanyi, namun ayahnya mendorongnya untuk bersekolah dengan harapan dia akan menjadi seorang guru. Setelah SMA ia menghadiri Sekolah Normal untuk Guru di Havana dengan maksud untuk menjadi seorang guru sastra.Pada saat menjadi penyanyi tidak dipandang sebagai karir yang sepenuhnya terhormat. Namun, salah satu gurunya mengatakan kepadanya bahwa sebagai penghibur yang bisa dia dapatkan dalam satu hari apa yang kebanyakan guru Kuba dapatkan dalam sebulan. Dari tahun 1947, Cruz mempelajari teori musik, suara, dan piano di Konservatorium Musik Nasional Havana. Cruz mulai bernyanyi di stasiun radio Havana Radio García Serra sebagai kontestan dalam siaran harian populer "Hora del Té" stasiun ini, di mana dia menyanyikan tango "Nostalgia" dan memenangkan kue sebagai finisher pertama. Dia sering memenangkan kue dan juga kesempatan untuk berpartisipasi dalam lebih banyak kontes.

Rekaman pertamanya dibuat pada tahun 1948 di Venezuela.Istirahatnya yang besar terjadi pada tahun 1950 ketika Myrta Silva, penyanyi dengan Konjunto Sonora Matancera dari Kuba, kembali ke Puerto Riko asalnya. Karena mereka membutuhkan penyanyi baru, band ini memutuskan untuk memberi Celia Cruz kesempatan muda. Di sini, dia memenangkan dukungan dari pemimpin band Sonora, Rogelio Martinez, dan melanjutkan untuk merekam hit seperti "Yembe Laroco" dan "Caramelo". Tak lama kemudian namanya lebih besar dari band. Selama 15 tahun dengan Sonora Matancera, dia tampil dengan akting cemerlang di beberapa film Meksiko seperti Rincón Criollo (1950), Una gallega en La Habana (1955) dan Amorcito Corazón (1961), berkeliling ke seluruh Amerika Latin, dan menjadi orang biasa di Havana yang terkenal di Tropicana Nightspot.

Ketika Fidel Castro memegang kendali atas Kuba pada tahun 1959, Cruz dan suaminya, Pedro Knight, dilarang untuk kembali ke tanah air mereka dan menjadi warga negara Amerika Serikat. Pada tahun 1966, Cruz dan Tito Puente memulai sebuah asosiasi yang akan menghasilkan delapan album untuk Tico Records. Album-albumnya tidak sesukses yang diharapkan. Namun, Puente dan Cruz kemudian bergabung dengan label Vaya Records. Di sana, dia bergabung dengan pianis terpelajar Larry Harlow dan segera memimpin sebuah konser di New York's Carnegie Hall.

Album Cruz 1974 dengan Johnny Pacheco, Celia y Johnny, sangat sukses, dan Cruz segera menemukan dirinya berada dalam kelompok yang diberi nama Fania All-Stars, yang merupakan ensembel para musisi salsa dari setiap orkestra yang ditandatangani oleh label Fania (pemilik Vaya Records ). Di Celia y Johnny "Quimbera" menjadi salah satu lagu tanda tangannya. Dengan Fania All-Stars, Cruz berkesempatan mengunjungi Inggris, Prancis, Zaire (DR Kongo hari ini), dan kembali ke tur Amerika Latin; Penampilannya di Zaire termasuk dalam film Soul Power.  Pada akhir 1970-an, dia berpartisipasi dalam iklan Eastern Air Lines di Puerto Riko, menyanyikan ungkapan menarik í Esto sí es volar! (Ini benar-benar terbang!).

Pada tahun 1976, ia berpartisipasi dalam film dokumenter Salsa tentang budaya Latin, bersama dengan tokoh seperti Dolores del Río dan Willie Colón. Dia juga membuat tiga album dengan Willie Colon (1977, 1981, 1987). Dengan suara yang digambarkan sebagai opera, Cruz bergerak melalui nada tinggi dan rendah dengan mudah yang mendustakan usianya, dan gayanya yang berirama berirama liriknya menambah rasa khas pada salsa. Kostum flamboyannya, yang meliputi: berbagai wig berwarna, gaun berurutan ketat, dan sepatu hak tinggi, menjadi sangat terkenal sehingga salah satu dari mereka diakuisisi oleh institusi Smithsonian.

Berikut daftar lagu yang di nyanyikan oleh celia cruz  yaitu :
oye como va
Rie y Liora
La Negra Tiene Tumbao


Demikianlah biodata celia cruz  yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada celia cruz , Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top