Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Mau Tse Tung Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Mau Tse Tung Terbaru and Complete

Biography
Mao Zedong atau Mao Tse-tung (/ maʊ dzədʊŋ, zə-, -dɒŋ / (Tentang suara ini mendengarkan); 26 Desember 1893 - 9 September 1976), juga dikenal sebagai Ketua Mao, adalah seorang revolusioner komunis China, penyair, Ahli teori politik dan pendiri negara Republik Rakyat Cina, yang dia pimpin sebagai Ketua Partai Komunis China sejak didirikan pada tahun 1949, sampai kematiannya pada tahun 1976. Teori Marxis-Leninis, strategi militer, dan kebijakan politiknya secara kolektif Dikenal sebagai Maoisme atau Marxisme-Leninisme-Maoisme.

Lahir sebagai putra seorang petani kaya di Shaoshan, Hunan, Mao mengadopsi pandangan nasionalis dan anti-imperialis China di awal kehidupan, terutama dipengaruhi oleh peristiwa Revolusi Xinhai tahun 1911 dan Gerakan May Fourth 1919. Mao mengadopsi Marxisme-Leninisme sementara Bekerja di Universitas Peking dan menjadi anggota pendiri Partai Komunis China (CPC), memimpin Pemberontakan Panen Musim Gugur pada tahun 1927. Selama Perang Saudara China antara Kuomintang (KMT) dan CPC, Mao membantu menemukan Pekerja Tionghoa Dan Tentara Merah Petani, memimpin kebijakan tanah radikal Soviet Jiangxi dan akhirnya menjadi kepala BPK selama Long March. Meskipun CPC untuk sementara bersekutu dengan KMT di bawah Front Bersatu selama Perang Sino-Jepang Kedua (1937-45), setelah kekalahan Jepang, perang sipil China dilanjutkan dan pada tahun 1949 pasukan Mao mengalahkan Kaum Nasionalis yang mengundurkan diri ke Taiwan.

Biodata

Nama Asli        :  Mao Zedong

Nama Populer     :  Mau Tse Tung

Agama            :

Tempat Lahir     : Shaoshan, Hunan, Imperial China

Tanggal Lahir    :  26 Desember 1893

Meninggal  : 9 September 1976

Profesi          :  tokoh filsuf

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        : 

Tahun Berkarier  :

Label            :

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile

Mau Tse Tung adalah politisi yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya.Mao Zedong lahir pada tanggal 26 Desember 1893 di desa Shaoshan, Provinsi Hunan, China. Ayahnya, Mao Yichang, adalah seorang petani yang sebelumnya miskin yang telah menjadi salah satu petani terkaya di Shaoshan. Tumbuh di daerah pedesaan Hunan, Mao Zedong menggambarkan ayahnya sebagai seorang pendisiplin yang teguh, yang akan mengalahkannya dan ketiga saudara kandungnya, anak laki-laki Zemin dan Zetan, dan seorang gadis angkat, Zejian.  Ibu Mao, Wen Qimei, adalah seorang Buddhis yang taat yang mencoba bersikap keras terhadap sikap suaminya yang ketat. Zedong juga menjadi seorang Buddhis, namun meninggalkan iman ini pada usia pertengahan remaja. Pada usia 8, Mao dikirim ke Sekolah Dasar Shaoshan.
Mempelajari sistem nilai Konfusianisme, dia kemudian mengakui bahwa dia tidak menikmati teks klasik Tiongkok yang memberitakan moral Konfusianisme, malah menyukai novel populer seperti Romance of the Three Kingdoms and Water Margin. Pada usia 13, Mao menyelesaikan pendidikan dasar, dan ayahnya mempersatukannya dalam sebuah pernikahan yang diatur dengan Luo Yigu (17 tahun), yang kemudian menyatukan keluarga pemilik lahan mereka. Mao menolak untuk mengenalinya sebagai istrinya, menjadi pengkritik ketat pernikahan yang diatur dan untuk sementara waktu bergerak menjauh. Luo dipenjara secara lokal dan meninggal pada tahun 1910.
 [Saat bekerja di ladang ayahnya, Mao membaca dengan rakus, dan mengembangkan sebuah "kesadaran politik" dari buklet Cheng Guanying yang meratapi kemerosotan kekuatan orang Tionghoa dan memperdebatkan penerapan demokrasi perwakilan . Tertarik dengan sejarah, Mao terinspirasi oleh kehebatan militer dan semangat nasionalis George Washington dan Napoleon Bonaparte. Pandangan politiknya dibentuk oleh demonstrasi yang dipimpin Gelaohui yang meletus menyusul kelaparan di ibukota Hunan, Changsha; Mao mendukung tuntutan para pemrotes, namun angkatan bersenjata menekan para pembangkang dan mengeksekusi pemimpin mereka.Kelaparan menyebar ke Shaoshan, di mana petani yang kelaparan menangkap biji ayahnya. Dia tidak menyetujui tindakan mereka secara moral salah, namun mengaku simpati akan situasi mereka. Pada usia 16, Mao pindah ke sekolah dasar yang lebih tinggi di Dongshan terdekat,  di mana dia diintimidasi untuk latar belakang tani.

Pada tahun 1911, Mao memulai sekolah menengah di Changsha.  Sentimen revolusioner sangat kuat di kota ini, di mana ada permusuhan luas terhadap monarki absolut Kaisar Puyi dan banyak yang menganjurkan republikanisme. Tokoh tokoh republiken adalah Sun Yat-sen, seorang Kristen berpendidikan Amerika yang memimpin masyarakat Tongmenghui. Di Changsha, Mao dipengaruhi oleh surat kabar Sun, The People's Independence (Minli Bao),  dan meminta Sun untuk menjadi presiden dalam esai sekolah. Sebagai simbol pemberontakan melawan raja Manchu, Mao dan seorang teman memotong kuncir antrean mereka, sebuah tanda kepatuhan terhadap kaisar.

Terinspirasi oleh republikanisme Sun, tentara meningkat di selatan China, memicu Revolusi Xinhai. Gubernur Changsha melarikan diri, meninggalkan kota itu dalam kendali republik. Mendukung revolusi, Mao bergabung dengan tentara pemberontak sebagai tentara swasta, namun tidak terlibat dalam pertempuran. Provinsi-provinsi utara tetap setia kepada kaisar, dan berharap untuk menghindari perang sipil, Sun-memproklamasikan "presiden sementara" oleh para pendukungnya - dikompromikan dengan jenderal monarki Yuan Shikai. Monarki akan dihapuskan, menciptakan Republik China, namun monarki Yuan akan menjadi presiden. Revolusi berakhir, Mao mengundurkan diri dari tentara pada tahun 1912, setelah enam bulan menjadi tentara.Sekitar waktu ini, Mao menemukan sosialisme dari sebuah artikel surat kabar; Melanjutkan membaca pamflet oleh Jiang Kanghu, pendiri mahasiswa Partai Sosialis China, Mao tetap tertarik namun tidak yakin dengan gagasan tersebut.

Berikut daftar buku yang di terbitkan oleh  Mau Tse Tung :
Kutipan Dari Ketua Mao
On Guieereela Warfare
On Contradick

Demikianlah biodata  Mau Tse Tung yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Mau Tse Tung, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.




No comments:

Post a Comment

Back To Top