Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Janis Joplin Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Janis Joplin Terbaru and Complete

 Biography
Janis Lyn Joplin (/ dʒɒplɪn /; 19 Januari 1943 - 4 Oktober 1970) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu rock Amerika. Dia adalah salah satu bintang rock wanita terbesar di masanya. Setelah merilis tiga album, dia meninggal karena overdosis heroin yang tidak disengaja pada usia 27. Album keempat, Pearl, dirilis pada bulan Januari 1971, hanya tiga bulan setelah kematiannya. Ini mencapai nomor satu di tangga lagu.

Pada tahun 1967, Joplin menjadi terkenal saat tampil di Monterey Pop Festival, di mana dia menjadi penyanyi utama dari band rock psychedelic San Francisco yang baru sedikit dikenal dan the Holding Company. Setelah merilis dua album bersama band ini, dia meninggalkan Big Brother untuk melanjutkan sebagai artis solo dengan kelompok pendukungnya sendiri, pertama Kozmic Blues Band dan kemudian Full Tilt Boogie Band. Dia tampil di festival Woodstock dan tur kereta Festival Express. Lima single oleh Joplin masuk ke Billboard Top 100, termasuk sampul lagu "Me and Bobby McGee", yang mencapai nomor 1 di bulan Maret 1971.Lagu-lagunya yang paling populer termasuk versi sampulnya dari "Piece of My Heart", "Cry Baby", "Down on Me", "Ball 'n' Chain", dan "Summertime"; Dan lagu aslinya "Mercedes Benz", rekaman terakhirnya.

Joplin, yang sangat dihormati karena kemampuannya yang karismatik, secara anumerta dilantik menjadi Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1995. Audiens dan kritikus sama-sama merujuk pada kehadiran panggungnya sebagai "listrik". Rolling Stone menempatkan Joplin nomor 46 pada daftar 2004 dari 100 Artis Terbesar Sepanjang Masadan nomor 28 pada daftar 2008 dari 100 Penyanyi Terbesar Sepanjang Masa. Dia tetap menjadi salah satu musisi terlaris di Amerika Serikat, dengan sertifikasi Industry Recording Industry of America yang terjual 15,5 juta album di Amerika Serikat.

Biodata

Nama Asli        :  Janis Lyn Joplin

Nama Populer     :   Janis Joplin

Agama            :

Tempat Lahir     :  Port Arthur, Texas, A.S.

Tanggal Lahir    :  19 Januari 1943

Profesi          :  Penyanyi-penulis lagu, Instrumen

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        : 

Tahun Berkarier  :  1962-1970

Label            :  Columbia

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile


Janis Joplin adalah artis yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya. Janis Lyn Joplin lahir di Port Arthur, Texas, pada tanggal 19 Januari 1943, kepada Dorothy Bonita East (1913 - 1998), seorang registrar di sebuah perguruan tinggi bisnis, dan suaminya, Seth Ward Joplin (1910 - 1987), Seorang insinyur di Texaco Dia memiliki dua adik laki-laki, Michael dan Laura. Keluarga tersebut hadir di Gereja Kristus.

Orang tuanya merasa bahwa Janis membutuhkan lebih banyak perhatian daripada anak-anak mereka yang lain.Sebagai remaja, Joplin berteman dengan sekelompok orang terbuang, yang salah satunya memiliki album oleh seniman blues Bessie Smith, Ma Rainey, dan Lead Belly, yang oleh Joplin kemudian dikreditkan dengan mempengaruhi keputusannya untuk menjadi seorang penyanyi. Dia mulai menyanyikan blues dan musik rakyat dengan teman-teman di Thomas Jefferson High School.

Joplin menyatakan bahwa dia dikucilkan dan diintimidasi di sekolah menengah atas.Sebagai remaja, ia menjadi kelebihan berat badan dan menderita jerawat, meninggalkannya dengan bekas luka dalam yang membutuhkan dermabrasi.Anak-anak lain di SMA akan secara rutin mengejeknya dan memanggil namanya seperti "babi", "aneh", "kekasih nigger", atau "creep".Dia berkata, "Saya adalah orang yang tidak benar, saya membaca, saya melukis, pikir saya, saya tidak membenci negro."

Joplin lulus dari sekolah menengah atas pada tahun 1960 dan menghadiri Lamar State College of Technology di Beaumont, Texas, selama musim panasdan kemudian Universitas Texas di Austin (UT), meskipun dia tidak menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.Koran kampus, The Daily Texan, memuat profilnya dalam terbitan 27 Juli 1962, yang berjudul "Dia Berani Menjadi Berbeda."Artikel tersebut dimulai, "Dia bertelanjang kaki saat dia merasakannya, memakai Levis Ke kelas karena mereka lebih nyaman, dan membawa Autoharp-nya ke mana-mana dia pergi sehingga jika dia mendapat dorongan untuk masuk ke dalam lagu, ini akan berguna. Namanya Janis Joplin. " Sementara di UT dia Tampil dengan trio rakyat bernama Waller Creek Boys dan sering disosialisasikan dengan staf humas kampus the Texas Ranger

Berikut daftar lagu yang di nyanyikan oleh  Janis Joplin :
Me And Bobby Mc Gee
Piece Of My Heart


Demikianlah biodata  Janis Joplin yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Janis Joplin, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top