Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Elizabeth Stanton Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Elizabeth Stanton Terbaru and Complete

Biography
Elizabeth Cady Stanton (12 November 1815 - 26 Oktober 1902) adalah seorang suffragist, aktivis sosial, abolisionis, dan tokoh gerakan hak-hak perempuan awal. Deklarasi Sentimentsnya, yang dipresentasikan di Seneca Falls Convention yang diadakan pada tahun 1848 di Seneca Falls, New York, sering dikreditkan dengan memprakarsai hak-hak perempuan pertama yang terorganisir dan hak pilih perempuan di Amerika Serikat. Stanton adalah presiden Asosiasi Hak Milik Perempuan Nasional dari tahun 1892 sampai 1900.

Sebelum Stanton mempersempit fokus politiknya hampir secara eksklusif untuk hak-hak perempuan, dia adalah seorang abolisionis aktif bersama suaminya Henry Brewster Stanton (salah satu pendiri Partai Republik) dan sepupu Gerrit Smith. Tidak seperti banyak dari mereka yang terlibat dalam gerakan hak-hak perempuan, Stanton membahas berbagai isu yang berkaitan dengan perempuan di luar hak suara. Kekhawatirannya mencakup hak asuh dan hak asuh perempuan, hak kepemilikan, hak kerja dan pendapatan, perceraian, kesehatan ekonomi keluarga, dan pengendalian kelahiran. Dia juga pendukung vokal dari gerakan kesemrawutan abad ke-19.

Setelah Perang Sipil Amerika, Komitmen Stanton terhadap hak pilih perempuan menyebabkan perpecahan dalam gerakan hak-hak perempuan saat dia, bersama Susan B. Anthony, menolak untuk mendukung peralihan Amandemen Keempatbelasbelas dan Kelimabelas ke Konstitusi Amerika Serikat. Dia menentang pemberian perlindungan hukum dan hak suara kepada pria Afrika Amerika sementara wanita, kulit hitam dan kulit putih, tidak diberi hak yang sama. Posisinya mengenai masalah ini, bersamaan dengan pemikirannya tentang kekristenan terorganisir dan isu-isu perempuan di luar hak pilih, menyebabkan terbentuknya dua organisasi hak-hak perempuan yang terpisah yang akhirnya bergabung kembali, dengan Stanton sebagai presiden organisasi gabungan, sekitar dua puluh tahun setelah kepergiannya Dari gerakan hak pilih wanita asli.

Biodata

Nama Asli        :  Elizabeth Cady

Nama Populer     :   Elizabeth Stanton

Agama            :

Tempat Lahir     :  Johnstown, New York, A.S.

Tanggal Lahir    :  12 November 1815


Meninggal   :  26 Oktober 1902

Profesi          :  Penulis Pekerjaan, suffragist, aktivis hak-hak perempuan, ahli abolisionis

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        :  Orang tua Daniel Cady (1773-1859),Margaret Livingston Cady (1785-1871)

Tahun Berkarier  :

Label            :

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile


 Elizabeth Stanton adalah pemimpin organisasi yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampaiakhir hayatnya. Elizabeth Cady Stanton, kedelapan dari sebelas anak-anak, lahir di Johnstown, New York, kepada Daniel Cady dan Margaret Livingston Cady. Lima saudara kandungnya meninggal pada usia dini atau masa kanak-kanak. Seorang saudara keenam, kakaknya, Eleazar, meninggal pada usia 20 sebelum lulus dari Union College di Schenectady, New York. Hanya Elizabeth Cady dan empat saudara perempuan yang hidup sampai usia dewasa dan usia tua. Di kemudian hari, Elizabeth menamai dua putrinya setelah dua saudara perempuannya, Margaret dan Harriot.

Daniel Cady, ayah Stanton, adalah seorang pengacara Federalis terkemuka yang menjabat satu istilah di Kongres Amerika Serikat (1814-1817) dan kemudian menjadi hakim pengadilan sirkuit dan, pada tahun 1847, sebuah pengadilan Mahkamah Agung New York. Hakim Cady memperkenalkan anak perempuannya pada hukum dan, bersama dengan ipar laki-lakinya, Edward Bayard, menanam benih awal yang tumbuh menjadi aktivisme hukum dan sosialnya. Bahkan saat masih muda, dia senang membaca buku hukum ayahnya dan memperdebatkan masalah hukum dengan panitera hukumnya. Ini adalah paparan awal hukum yang, sebagian, menyebabkan Stanton menyadari betapa tidak proporsionalnya undang-undang tersebut menguntungkan laki-laki atas perempuan, khususnya wanita yang sudah menikah. Kesadarannya bahwa wanita yang sudah menikah sebenarnya tidak memiliki hak kepemilikan, pendapatan, pekerjaan, atau bahkan hak asuh atas anak-anak mereka sendiri, membantu mengubah jalannya untuk mengubah ketidakadilan ini.

Ibu Stanton, Margaret Livingston Cady, keturunan pemukim Belanda awal, adalah putri Kolonel James Livingston, seorang perwira di Angkatan Darat Kontinental selama Revolusi Amerika. Setelah bertempur di Saratoga dan Quebec, Livingston membantu penangkapan Mayor John Andre di West Point, New York di mana Andre dan Benedict Arnold, yang melarikan diri dari kapal HMS Vulture, berencana untuk mengalihkan West Point ke bahasa Inggris.Margaret Cady, seorang wanita yang sangat tinggi untuknya, memiliki kehadiran yang memerintah, dan Stanton secara rutin menggambarkan ibunya sebagai "ratu." Sementara anak perempuan Stanton, Harriot Stanton Blatch, mengingat neneknya sebagai orang yang menyenangkan, penuh kasih sayang, dan hidup, Stanton sendiri tampaknya tidak berbagi kenangan seperti itu. Kehancuran emosional akibat hilangnya begitu banyak anak, Margaret Cady jatuh ke dalam depresi, yang membuatnya tidak terlibat sepenuhnya dalam kehidupan anak-anaknya yang masih hidup dan meninggalkan kehausan pada masa kanak-kanak Stanton.

Berikut daftar buku yang di terbitkan oleh  Elizabeth Stanton :
The Women Bibles
History Of Women Sufragge

Demikianlah biodata  Elizabeth Stanton yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Elizabeth Stanton, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top