Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Doolly Parton Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Doolly Parton Terbaru and Complete

Biography
Dolly Rebecca Parton Dean (lahir 19 Januari 1946), dikenal secara profesional sebagai Dolly Parton, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, produser rekaman, produser, pengusaha, dan filantropis Amerika, yang dikenal terutama karena pekerjaannya dalam musik country. Setelah meraih kesuksesan sebagai penulis lagu untuk orang lain, Dolly Parton membuat debut albumnya pada tahun 1967, dengan album Hello, saya Dolly. Dengan kesuksesan yang mantap selama sisa tahun 1960an (keduanya sebagai artis solo dan dengan serangkaian album duet dengan Porter Wagoner), puncak penjualan dan bagannya terjadi pada tahun 1970an dan berlanjut sampai tahun 1980an; Album selanjutnya Parton di bagian akhir 1990-an lebih rendah dalam penjualan. Namun, di milenium baru, Parton meraih sukses komersial lagi dan telah merilis album di label independen sejak tahun 2000, termasuk album di labelnya sendiri, Dolly Records.

Parton adalah pemain wanita negara yang paling dihormati sepanjang masa. Mencapai 25 penghargaan Recording Industry Association of America (RIAA) bersertifikat Gold, Platinum, dan Multi-Platinum, dia telah memiliki 25 lagu yang mencapai nomor 1 di tangga musik country Billboard, sebuah rekor untuk artis wanita (diikat dengan Reba McEntire). Dia memiliki 41 karir atas 10 album country, rekor untuk artis manapun, dan dia memiliki 110 karir yang memetakan single selama 40 tahun terakhir. Semua termasuk penjualan single, album, koleksi hits, dan unduhan digital selama karirnya telah melampaui 100 juta di seluruh dunia. Dia telah mengumpulkan sembilan Grammy Awards, dua nominasi Academy Award, sepuluh Country Music Association Awards, tujuh Academy of Country Music Awards, tiga American Music Awards, dan merupakan satu dari hanya tujuh perupa wanita untuk memenangkan penghargaan Entertainer of the Year dari Asosiasi Musik Negara. Parton telah menerima 47 nominasi Grammy.

Pada tahun 1999, Parton dilantik menjadi Country Music Hall of Fame. Dia telah menyusun lebih dari 3.000 lagu, terutama "I Will Always Love You" (sebuah chart country dua kali untuk Parton, dan juga pop hit internasional untuk Whitney Houston), "Jolene", "Coat of Many Colors" , Dan "9 sampai 5". Dia juga salah satu dari sedikit yang telah menerima setidaknya satu nominasi dari Academy Awards, Grammy Awards, Tony Awards, dan Emmy Awards. Sebagai aktris, ia membintangi film seperti 9 sampai 5, The Little Whorehouse Terbaik di Texas, Rhinestone, dan Steel Magnolias.

Biodata

Nama Asli        :  Dolly Rebecca Parton Dean

Nama Populer     :  Doolly Parton

Agama            :

Tempat Lahir     :  Sevier County, Tennessee, A.S.

Tanggal Lahir    :  19 Januari 1946

Profesi          :  Penulis lagu penyanyi multi-instrumentalist produser aktris

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        : 

Tahun Berkarier  :  1964-sekarang

Label            :  Goldband Mercury Monument RCA Victor Warner Bros. Columbia Rising Tide Decca, Sugar

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile
Doolly Parton adalah aktris yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai sekarang. Dolly Parton lahir di Sevier County, Tennessee, urutan keempat dari 12 anak Robert Lee Parton (1921-2000), seorang petani dan pekerja konstruksi, dan istrinya Avie Lee (née Owens; 1923-2003). ] Nama tengah Parton berasal dari nenek buyutnya, Rebecca (Dunn) Whitted (1861-1930).  Dia menggambarkan keluarganya sebagai "orang miskin." Ayah Parton membayar dokter yang membantu mengantarkannya dengan sekantong oatmeal. Dia menguraikan kemiskinan keluarganya dalam lagu-lagunya yang awal "Coat of Many Colors" dan "Di Hari Tua yang Baik (When Times are Bad)."
Mereka tinggal di sebuah kabin pedesaan satu kabin di Locust Ridge, tepat di sebelah utara Lembah Greenbrier di Great Smoky Mountains, daerah yang didominasi kota Pantekosta. Musik memainkan peran penting di awal kehidupannya. Dia dibesarkan di Gereja Tuhan, gereja yang ditinggalkan kakeknya, Jake Robert Owens (1899-1992). Pertunjukan publiknya yang paling awal ada di gereja, dimulai pada usia enam tahun. Pukul tujuh, ia mulai bermain gitar buatan sendiri. Ketika dia berusia delapan tahun, pamannya membelikan gitar pertamanya yang pertama.

Parton mulai tampil sebagai seorang anak, bernyanyi di radio lokal dan program televisi di daerah Tennessee Timur.  Menjelang pukul sepuluh, ia tampil di The Cas Walker Show di Radio WIVK dan WBIR-TV di Knoxville, Tennessee. Pada usia 13, dia merekam (single "Puppy Love") di label Louisiana kecil, Goldband Records, dan muncul di Grand Ole Opry, di mana dia pertama kali bertemu dengan Johnny Cash, yang mendorongnya untuk mengikuti instingnya sendiri mengenai Karirnya.

Sehari setelah dia lulus dari sekolah menengah atas pada tahun 1964, dia pindah ke Nashville. Keberhasilan awalnya datang sebagai penulis lagu, setelah menandatangani kontrak dengan Combine Publishing tak lama setelah dia tiba; dengan rekan penulis lagunya yang sering, pamannya Bill Owens, dia menulis beberapa single charting selama masa ini, termasuk dua hit teratas: Bill Phillips's 1966 merekam "Put It Off Sampai Besok" dan Skeeter Davis '1967 menekan "Fuel to the Flame". Lagu-lagunya direkam oleh banyak seniman lain selama periode ini, termasuk Kitty Wells dan Hank Williams Jr.  Dia menandatangani kontrak dengan Monument Records pada tahun 1965, pada usia 19, di mana dia awalnya dinobatkan sebagai penyanyi pop bubblegum. Dia merilis serangkaian single, tapi satu-satunya yang memetakan, "Happy, Happy Birthday Baby", tidak memecahkan Billboard Hot 100. Meskipun dia menyatakan keinginan untuk merekam materi negara, Monument menolak, memikirkan suaranya yang unik dengan kekuatannya yang kuat. Vibrato tidak sesuai dengan genre.

Setelah komposisinya, "Put It Off Until Tomorrow", seperti yang dicatat oleh Bill Phillips (dan dengan Parton, uncredited, dalam harmoni), masuk ke nomor enam di peta negara pada tahun 1966, label tersebut mengalah dan mengizinkannya untuk merekam negara. Single pertamanya, "Dumb Blonde" (disusun oleh Curly Putman, salah satu dari beberapa lagu di era ini yang dia catat tapi tidak ditulis), mencapai nomor 24 di peta negara pada tahun 1967, diikuti oleh "Something Fishy", yang Pergi ke nomor 17. Kedua lagu itu muncul di album full-length pertamanya, Hello, aku Dolly.

Berikut daftar lagu yang di nyanyikan oleh Doolly Parton  :
Jolene
9 to 5
Island In The Stream

Demikianlah biodata Doolly Parton  yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada Doolly Parton , Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.
 



No comments:

Post a Comment

Back To Top