Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Che Guevara Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Che Guevara Terbaru and Complete

 Biography
Ernesto "Che" Guevara (Pengucapan bahasa Spanyol: [tʃe ɣeβaɾa]  14 Juni 1928 - 9 Oktober 1967)  adalah seorang revolusioner Argentina Marxis, dokter, pemimpin gerilyawan, diplomat, dan ahli teori militer. Tokoh penting Revolusi Kuba, wajah bergayanya telah menjadi simbol pemberontakan budaya pemberontakan dan lencana global dalam budaya populer.

Sebagai mahasiswa kedokteran muda, Guevara melakukan perjalanan keliling Amerika Selatan dan mengalami radikalisasi oleh kemiskinan, kelaparan, dan penyakit yang disaksikannya.  Keinginannya yang terus berkembang untuk membantu menjungkirbalikkan apa yang dia lihat sebagai eksploitasi kapitalis Amerika Latin oleh Amerika Serikat mendorong keterlibatannya dalam reformasi sosial Guatemala di bawah Presiden Jacobo Árbenz, yang akhirnya dibantu oleh CIA untuk menggagalkan perintah United Fruit Company memperkokoh ideologi politik Guevara. . Kemudian, di Mexico City, dia bertemu Raúl dan Fidel Castro, bergabung dengan Gerakan 26 Juli mereka, dan berlayar ke Kuba di atas kapal pesiar Granma, dengan tujuan untuk menggulingkan diktator Kuba yang didukung A.S. Fulgencio Batista.  Guevara segera menjadi terkenal di antara para pemberontak, dipromosikan menjadi komandan kedua, dan memainkan peran penting dalam kampanye gerilya dua tahun yang menang yang menggulingkan rezim Batista.

Setelah Revolusi Kuba, Guevara melakukan sejumlah peran kunci dalam pemerintahan baru tersebut. Ini termasuk meninjau regu banding dan regu tembak untuk mereka yang terbukti sebagai penjahat perang selama pengadilan revolusioner, melembagakan reformasi tanah agraria sebagai menteri industri, membantu mempelopori kampanye melek huruf yang sukses di seluruh negeri, yang berfungsi sebagai presiden bank nasional dan direktur instruksional untuk Kuba Angkatan bersenjata, dan melintasi dunia sebagai diplomat atas nama sosialisme Kuba. Posisi tersebut juga memungkinkan dia memainkan peran sentral dalam melatih pasukan milisi yang menolak Invasi Bay of Babi dan membawa rudal balistik nuklir-Soviet ke Kuba yang memicu Krisis Rudal Kuba 1962.
Selain itu, dia adalah seorang penulis dan diaris yang produktif, yang menulis sebuah manuskrip maniulat tentang perang gerilya, bersamaan dengan memoar terlaris tentang perjalanan motor kontinu kontinyunya. Pengalaman dan studinya tentang Marxisme-Leninisme membuatnya menganggap bahwa keterbelakangan dan ketergantungan Dunia Ketiga merupakan akibat intrinsik imperialisme, neokolonialisme, dan kapitalisme monopoli, dengan satu-satunya obat yang menjadi internasionalisme proletar dan revolusi dunia.Guevara meninggalkan Kuba pada tahun 1965 untuk memicu revolusi di luar negeri, yang pertama tidak berhasil di Kongo-Kinshasa dan kemudian di Bolivia, di mana dia ditangkap oleh pasukan Bolivia yang dibantu oleh CIA dan dieksekusi dengan cepat.

Biodata

Nama Asli        :   Ernesto "Che" Guevara

Nama Populer     :    Che Guevara

Agama            :

Tempat Lahir     :  Rosario, provinsi Santa Fe, Argentina

Tanggal Lahir    :  14 Juni 1928

Meninggal  :  9 Oktober 1967

Profesi          :  Dokter, penulis, gerilyawan, pejabat pemerintah

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        :  Ernesto Guevara Lynch, Celia de la Serna y Llosa

Tahun Berkarier  : 

Label            :

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile


Che Guevara adalah seorang Revolusiuner yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya. Ernesto Guevara lahir dari Ernesto Guevara Lynch dan istrinya, Celia de la Serna y Llosa, pada tanggal 14 Juni 1928, di Rosario, Argentina, anak tertua dari lima bersaudara di sebuah keluarga kelas menengah Argentina dari Spanyol (termasuk Basque Dan Cantabrian), serta Irlandia dengan menggunakan nenek moyang aristokratnya Patrick Lynch. Sesuai dengan fleksibilitas yang diperbolehkan dalam kebiasaan penamaan Spanyol, nama resminya (Ernesto Guevara) kadang-kadang muncul dengan "de la Serna" dan / atau "Lynch" yang menyertainya. Mengacu pada sifat Che yang "gelisah", ayahnya menyatakan bahwa "hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa di pembuluh darah anak laki-laki saya mengalirkan darah pemberontak Irlandia".

Pada awal kehidupan, Ernestito (saat dia dipanggil) mengembangkan sebuah "kedekatan dengan orang miskin". Tumbuh dalam keluarga dengan kecenderungan kiri, Guevara diperkenalkan pada spektrum perspektif politik yang luas bahkan saat masih kecil. Ayahnya, pendukung setia Partai Republik dari Perang Sipil Spanyol, sering menjadi tuan rumah banyak veteran dari konflik di rumah Guevara.

Meskipun menderita serangan asma akut yang melumpuhkan yang menindasnya sepanjang hidupnya, dia unggul sebagai atlet, menikmati berenang, bermain sepak bola, golf, dan menembak, sementara juga menjadi pengendara sepeda "tak kenal lelah".  Dia adalah seorang pemain rugby avid rugby, dan bermain di fly-half untuk Club Universitario de Buenos Aires.Permainan rugby-nya memberinya julukan "Fuser" - sebuah kontraksi El Furibundo (mengamuk) dan nama ibu ibunya, de la Serna - untuk gaya permainannya yang agresif.

Berikut daftar  buku yang di terbitkan oleh  Che Guevara :
The Motorcycle Diaries
Perang Gerilya

Demikianlah biodata  Che Guevara yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Che Guevara, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.



No comments:

Post a Comment

Back To Top