Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Aretha Franklin Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Aretha Franklin Terbaru and Complete

Biography
Aretha Louise Franklin (lahir 25 Maret 1942) adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan musisi Amerika. Franklin memulai karirnya sebagai anak yang menyanyikan Injil di gereja ayahnya, melayani gereja C. L. Franklin. Pada tahun 1960, pada usia 18, Franklin memulai karir sekuler, merekam Columbia Records namun hanya mencapai kesuksesan sederhana. Setelah bergabung dengan Atlantic Records pada tahun 1967, Franklin mendapatkan pujian dan kesuksesan komersial dengan lagu-lagu seperti "Respect", "(You Make Me Feel Like) A Natural Woman" dan "Think". Hit ini dan lebih membantunya meraih gelar The Queen of Soul pada akhir dasawarsa 1960-an.

Franklin akhirnya mencatat total 112 lagu terlaris di Billboard, termasuk 77 entri Hot 100, 17 single pop top, 100 entri R & B dan dua puluh nomor tunggal R & B, menjadi artis wanita paling banyak dalam sejarah chart. Franklin juga merekam album-album ternama seperti I Never Loved a Man the Way I Love You, Lady Soul, Young, Gifted & Black dan Amazing Grace sebelum mengalami masalah dengan perusahaan rekamannya pada pertengahan tahun 1970an. Setelah ayahnya ditembak pada tahun 1979, Franklin meninggalkan Atlantic dan menandatangani kontrak dengan Arista Records, menemukan kesuksesan dengan perannya dalam film The Blues Brothers dan dengan album Jump to It and Who's Zoomin 'Who ?. Pada tahun 1998, Franklin mendapat pujian internasional karena menyanyikan opera aria "Nessun dorma", di Grammys tahun itu menggantikan Luciano Pavarotti. Kemudian pada tahun yang sama, dia mencetak 40 rekaman terakhirnya dengan "A Rose Is Still a Rose". Lagu populer Franklin lainnya yang populer dan terkenal termasuk "Rock Steady", "Something He Can Feel" (dari soundtrack film Sparkle 1976), "Jump to It", "Freeway of Love", "Who's Zoomin 'Who", " Sisters Are Doin 'Ini untuk Diri Sendiri "," Saya Mengetahui Anda Menunggu (untuk Saya) "(dengan George Michael)," Bukan, Bukan, Tidak Akan Pernah "(dengan Whitney Houston) Dan sebuah remake dari lagu The Rolling Stones "Jumpin 'Jack Flash".

Biodata

Nama Asli        :  Aretha Franklin

Nama Populer     :  Aretha Franklin

Agama            :

Tempat Lahir     :  Memphis, Tennessee, A.S.

Tanggal Lahir    :  25 Maret 1942

Profesi          :  Musisi penyanyi

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        : 

Tahun Berkarier  :  1956-sekarang

Label            :  J.V.B Columbia Atlantic Arista RCA

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :


profile

Aretha Franklin adalah yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai sekarang. Aretha Louise Franklin lahir di Memphis, Tennessee, putri Barbara (née Siggers) dan Clarence LaVaughn Franklin. Ayahnya, yang dipanggil dengan nama panggilan, "C. L.", adalah seorang pengkhotbah keliling yang berasal dari Shelby, Mississippi, sementara ibunya adalah pemain piano dan vokalis yang hebat.Di samping Franklin, kedua orang tuanya memiliki tiga anak lain sementara keduanya C. L.
dan Barbara memiliki anak-anak dari luar pernikahan mereka. Keluarga tersebut pindah ke Buffalo, New York saat Franklin berusia dua tahun. Sebelum ulang tahunnya yang kelima, C. L. Franklin memindahkan keluarga mereka secara permanen ke Detroit, Michigan di mana dia mengambil alih pendeta Gereja Baptis Bethel Baru. Orangtua Franklin mengalami pernikahan yang bermasalah karena cerita tentang filandering C. L. Franklin dan pada tahun 1948, mereka berpisah, dengan Barbara pindah kembali ke Buffalo bersama anaknya, Vaughn, dari hubungan sebelumnya.

Bertentangan dengan gagasan populer, ibu Franklin tidak meninggalkan anak-anaknya; Franklin tidak hanya akan melihat ibunya di Buffalo selama musim panas, Barbara juga sering mengunjungi anak-anaknya di Detroit.Ibu Franklin meninggal pada tanggal 7 Maret 1952, sebelum ulang tahun kesepuluh Franklin. Beberapa wanita, termasuk nenek Franklin, Rachel, dan Mahalia Jackson secara bergantian membantu anak-anak di rumah Franklin. Selama waktu ini, Franklin belajar bermain piano di telinga.Khotbah-khotbah emosional ayah Franklin menyebabkan dia dikenal sebagai pria dengan "suara jutaan dolar" dan menghasilkan ribuan dolar untuk khotbah di berbagai gereja di seluruh negeri.Selebriti Franklin menyebabkan rumahnya dikunjungi oleh berbagai selebriti termasuk musisi gospel Clara Ward, James Cleveland dan anggota kafilah awal Albertina Walker dan Inez Andrews serta Martin Luther King, Jr., Jackie Wilson dan Sam Cooke.


Berikut daftar lagu yang  di nyanyikan oleh Aretha Franklin :
Natural Women
Chain Of Falls
i Say Litlle Player

Demikianlah biodata Aretha Franklin yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada Aretha Franklin, Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.



No comments:

Post a Comment

Back To Top