Contact Us

Name

Email *

Message *

Biodata Biography Profile Manuel Noriega Terbaru and Complete

Biodata Biography Profile Manuel Noriega Terbaru and Complete

Biography
Manuel Antonio Noriega Moreno (pengucapan bahasa Spanyol: [manwel noɾjeɣa]; 11 Februari 1934 - 29 Mei 2017) adalah seorang politikus dan perwira militer Panama. Dia adalah diktator militer Panama dari tahun 1983 sampai 1989, ketika dia dikeluarkan dari kekuasaan oleh Amerika Serikat selama invasi ke Panama.

Dari tahun 1950 sampai beberapa saat sebelum invasi A.S., Noriega bekerja sama dengan Badan Intelijen Pusat A.S. Noriega adalah salah satu sumber intelijen CIA yang paling berharga, dan juga salah satu saluran utama untuk senjata gelap, peralatan militer dan uang yang diperuntukkan bagi pasukan kontra-pemberontakan yang didukung A.S. di seluruh Amerika Tengah dan Selatan. Noriega juga seorang pedagang kokain utama, sesuatu yang penangan intelijen A.S.nya sadar bertahun-tahun, namun diizinkan karena kegunaannya untuk operasi militer terselubung mereka di Amerika Latin.

Pada tahun 1988, Noriega didakwa oleh Amerika Serikat mengenai tuduhan perdagangan narkoba di Miami, Florida. Selama invasi A.S. tahun 1989 ke Panama, dia dikeluarkan dari kekuasaan, ditangkap, ditahan sebagai tawanan perang, dan diterbangkan ke Amerika Serikat. Noriega diadili atas delapan tuduhan perdagangan narkoba, pemerasan, dan pencucian uang pada bulan April 1992. Pada tanggal 16 September 1992, dia dijatuhi hukuman 40 tahun penjara, yang kemudian dikurangi menjadi 30 tahun.

Biodata

Nama Asli        :  Manuel Antonio Noriega Moreno

Nama Populer     :  Manuel Noriega

Agama            :

Tempat Lahir     :  Panama

Tanggal Lahir    : 11 Februarai 1934

Profesi          : Perwira Militer

Usaha Sampingan  :

Orang Tua        :

Tahun Berkarier  : 1967 - 1990

Meninggal  ; 29 Mei 2017

Label            :

Facebook         :

Akun Twitter     :


Akun Instagram   :

No Hp            :

profile

Manuel Noriega  adalah seorang perwira militer yang super hebat pasalnya ia berhasil mempertahankan kepopuleran kariernya sampai akhir hayatnya. Noriega lahir di Panama City pada tanggal 11 Februari 1934, menjadi keluarga warisan Kolombia yang relatif miskin.Dia dididik di Instituto Nacional, sebuah sekolah menengah yang dianggap baik di Panama City sebelum memenangkan beasiswa ke Sekolah Militer Chorrillos di ibukota Peru di Lima.Dia kembali ke Panama dan diberi sebuah komisi sebagai sub-pemilih di Garda Nasional Panama, dan dikirim ke Colón. Di sana ia berkenalan dengan Omar Torrijos, dan akan menjadi pendukung penting dirinya.Sebagai letnan pertama, Noriega melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1967, dan menghabiskan banyak waktu untuk mengikuti kursus di Sekolah Amerika di Benteng Gulick Angkatan Darat Amerika Serikat di Zona Terusan Panama.

Pelatihannya di sana termasuk kursus tentang operasi infanteri, operasi kontra intelijen, intelijen, dan hutan.Dia juga mengikuti kursus operasi psikologis di Fort Bragg di North Carolina.
Bangkit untuk berkuasa. Pada tahun 1968, Torrijos memimpin sebuah kudeta terhadap Presiden Panama Arnulfo Arias. Noriega adalah pendukung penting Torrijos selama perebutan kekuasaan yang diikuti.Dia menerima promosi ke letnan kolonel dan ditunjuk sebagai kepala intelijen militer oleh Torrijos.Dia juga akan memainkan peran penting dalam menggagalkan usaha kudeta kemudian melawan Torrijos.Torrijos akan mempertahankan kekuasaan sebagai penguasa militer sampai tahun 1981:

selama ini dia menegosiasikan Perjanjian Torrijos-Carter dengan Presiden AS Jimmy Carter, yang memastikan bahwa kontrol atas Terusan Panama akan diteruskan ke Panama pada tahun 1999. Torrijos meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tanggal 31 Juli 1981, dalam keadaan misterius. Setelah perebutan kekuasaan singkat antara berbagai pemimpin militer, yang disebabkan oleh tidak adanya protokol pengalihan kekuasaan yang jelas, Noriega menjadi kekuatan sesungguhnya di balik pemerintah sebagai kepala pasukan keamanan. Dua tahun kemudian, pada tahun 1983, Noriega mempromosikan dirinya menjadi kolonel, memberinya lebih banyak kekuatan.

Pada tahun yang sama, Noriega membuat kesepakatan dengan Rubén Darío Paredes, pemimpin angkatan bersenjata Panama, di mana Paredes menyerahkan posisinya kepada Noriega dengan pengertian bahwa Noriega akan mengizinkannya untuk menjadi presiden. Namun, setelah mengasumsikan posisinya yang baru, Noriega mengingkari kesepakatan tersebut, menahan Paredes, dan menjadikan dirinya umum, sehingga menjadi penguasa de facto di negara tersebut. Masa jabatan Noriega sebagai kepala intelijen ditandai oleh intimidasi dan pelecehan terhadap partai-partai oposisi dan pemimpin mereka.

Demikianlah biodata Manuel Noriega yang dapat saya tulis di sini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua dan bisa mengobati rasa kangen anda semua pada  Manuel Noriega Kalau ada salah kata serta kurang lengkap dari tulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah mengunjungi website ini , dan jangan lupa ikuti terus biodata selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top